KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PERUT, KELINCAHAN DAN KONSENTRASI TERHADAP KETEPATAN SHOOTING ATLET BOLA TANGAN PUTRA JAWA TIMUR

AINUL GHURRI

Abstract


Bola Tangan merupakan salah satu cabang olahraga prestasi di Indonesia dan Jawa Timur khususnya yang menuntut kemampuan pemain baik dari segi fisik, teknik, taktik, maupun mental. Salah satu teknik dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemain bola tangan adalah teknik shooting / tembakan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa shooting adalah suatu bentuk penyerangan kepada lawan dan juga merupakan ”senjata” untuk menghasilkan skor. Tujun dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi: seberapa besar kontribusi kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, kelincahan, dan konsentrasi terhadap ketepatan shooting, baik secara individual maupun secara serentak (bersama-sama). Sasaran penelitian ini adalah atlet bola tangan putra Jawa Timur yang berjumlah 14 orang. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik deskriptif kuantitatif, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, kelincahan, konsentrasi, dan shooting.


 Dari hasil penelitian dapat dijelaskan: Hasil anova menyatakan nilai Fhitung = 4,475 > Ftabel = 3,63. Hal ini dapat dikatakan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel kekuatan otot lengan (X1), kekuatan otot perut (X2), kelincahan (X3), dan konsentrasi (X4) secara bersama-sama terhadap ketepatan shooting bola tangan (Y). Dari hasil penelitian diperoleh secara individual variabel kekuatan otot lengan memberikan kontribusi terbesar terhadap variabel ketepatan shooting bola tangan. Kemudian diikuti kekuatan variabel konsentrasi, kelincahan dan kekuatan otot perut. Untuk variabel bebas kelincahan dan kekuatan otot perut perlu diberikan perhatian yang khusus tentang peningkatan latihan agar bisa didapatkan hasil ketepatan shooting bola tangan yang baik.


 Kesimpulan: 1). Variabel kekuatan otot lengan (X1) memberikan kontribusi sebesar 41,34%. 2). Variabel kekuatan otot perut (X2) memberikan kontribusi hanya sebesar 0,34%. 3). Variabel kelincahan (X3) memberikan kontribusi sebesar 0,57%. 4). Variabel konsentrasi (X4) memberikan kontribusi sebesar 16,24%. 5). Secara individual masing-masing variabel hanya kekuatan otot lengan yang memiliki kontribusi yang signifikan dan secara bersama-sama seluruh variabel bebas memberikan kontribusi sebesar 66,58% terhadap akurasi hasil shooting bola tangan (Y) sehingga secara keseluruhan dapat digeneralisasikan ke dalam populasi.


 Kata Kunci: Kekuatan Otot lengan, Kekuatan Otot perut, Kelincahan, Konsentrasi, shooting, Bola tangan.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.