ANALISIS KECEPATAN, KELINCAHAN, KEKUATAN DAN VO2MAX TERHADAP ATLET CABANG OLAHRAGA ANGGAR PUTRA KABUPATEN SITUBONDO

NUSA ALDERA

Abstract


Anggar merupakan olahraga perorangan yang mulai digemari masyarakat Indonesia saat ini. Dilihat dari beberapa banyaknya club-club anggar yang mulai menyebar luas di Indonesia. Ada tiga jenis senjata di dalam olahraga anggar, ada degen, floret, dan sabel. Aspek kondisi fisik yang baik akan menunjang suatu permainan yang baik, karena kondisi fisik merupakan pondasi dalam meningkatkan permainan.


                 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari  jawaban dari permasalahan yang telah di rumuskan, yaitu (1) Berapakah kemampuan kecepatan atlet anggar Kabupaten Situbondo?, (2) Berapakah kemampuan kekuatan atlet anggar Kabupaten Situbondo?, (3)Berapakah kemampuan kelincahan atlet anggar Kabupaten Situbondo? (4) Berapakah kemampuan Vo2Max atlet anggar Kabupaten Situbondo?


                  Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Dan sasaran penelitiannya adalah 10 atlet putra anggar Kabupaten Situbondo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lari 30 meter, tes shuttle run, tes vertical jump, tes multistage fitness training (MFT) tes yang digunakan untuk mengetahui hasil data kuantitatif analisis kecepatan, kelincahan, kekuatan, dan vo2max terhadap cabang olahraga anggar Kabupaten Situbondo.


                    Hasil penilitian menunjukkan bahwa hasil kecepatan cabang olahraga anggarKabupaten Situbondo persentasenya yaitu: 40% kategori cukup, 30% kategori kurang, dan 30% kategori kurang sekali. Kelincahan cabang olahraga anggar Kabupaten Situbondo persentasenya yaitu: 100% kategori cukup. Kekuatan cabang olahraga anggar Kabupaten Situbondo persentasenya yaitu: 100% kategorinya baik sekali. V02max cabang olahraga anggar kabupaten Situbondo persentasenya yaitu: 40% kategori kurang, sedangkan 60% kategori kurang sekali. Berikut adalah data hasil peneilitian sehingga bisa menjadikan kajian dan masukan kepada para pelatih cabang olahraga anggar Kabupaten Situbondo dan perlu diperhatikan kebutuhan yang sesuai untuk atlet sehingga meningkatkan kualitas dan prestasi kedepannya


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.