PENGARUH LATIHAN FOOTWORK TERHADAP TINGGI LOMPATAN, KECEPATAN, DAN KELINCAHAN PADA PEMAIN BULUTANGKIS

Oky Septian Fawzi, Ika Jayadi

Abstract


Permainan bulutangkis merupakan permainan yang bersifat individual dapat dimainkan satu orang melawan satu orang atau dua orang melawan dua orang yang menggunakan raket sebagai alat pemukul dan shuttlecock sebagai objek pukul. Tujuan permainan bulutangkis adalah berusaha untuk menjatuhkan shuttlecock di daerah permainan lawan, berusaha agar lawan tidak dapat memukul shuttlecock, dan menjatuhkan di daerah permainan sendiri.

Permasalahan yang menjadi acuan dalam penelitian adalah bagaimana latihan footwork memberikan pengaruh terhadap kemampuan tinggi lompatan, kecepatan, dan kelincahan dalam cabang olahraga bulutangkis? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan footwork terhadap tinggi lompatan, kecepatan, dan kelincahan dan manakah yang lebih dominan pengaruh peningkatan antara tinggi lompatan, kecepatan, dan kelincahan pada latihan footwork.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode quasi-eksperimental design yang bertujuan untu membuktikan sebuah eksperimen secara sistematis mengenai fakta-fakta pengaruh latihanĀ  footwork terhadap tinggi lompatan, kecepatan, dan kelincahan pada pemain bulutangkis. Sampel yang digunakan adalah anggota ekstrakulikuler bulutangkis SMAN 13 Surabaya berjumlah 10 siswa laki-laki.

Hasil penelitian diperoleh bahwa pengaruh latihan footwork terhadap kemampuan kecepatan, kelincahan, dan tinggi lompatan. Dimana pada kecepatan terjadi peningkatan sebesar 0,098%, kelincahan terjadi peningkatan sebesar 0,042%, dan tinggi lompatan terjadi peningkatan sebesar 0,102%. Peningkatan dominan pada latihan footwork tardapat pada tinggi lompatan dengan peningkatan sebesar 0,102%.

Full Text: XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.