PERBANDINGAN DAYA TAHAN VO2MAX, KECEPATAN, DAN POWER PADA ATLET BULUTANGKIS PB FIFA SIDOARJO U17 DAN ATLET BULUTANGKIS PB SPORTIF NGANJUK U17

ANGGORO WIDYA ASMARA UTOMO PUTRA, OCE WIRIAWAN

Abstract


Olahraga bulutangkis sudah menjadi olahraga sangat populer dan mampu bersaing dengan negara lain di dunia, dengan konsekuensi dari prestasi yang dicapai tersebut sehingga para atlet dituntut selalu meraih prestasi yang maksimal. Sehubung dengan itu atlet dan pelatih harus menjalankan progam yang bisa meningkatkan kondisi fisik para pemainnya yang meliputi kelincahan, power, dan dan VO2Max. Pada saat ini bulutangkis lebih pada daya tahan VO2Max, kecepatan, dan power lebih dominan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi; adakah perbedaan kondisi fisik yang terfokus pada tingkat daya tahan VO2Max, kecepatan, dan power pada atlet bulutangkis PB Fifa Sidoarjo U17 yang sudah memiliki prestasi di tingkat Nasional maupun di Jawa Timur dan atlet bulutangkis PB Sportif Nganjuk U17 yang belum memiliki prestasi di tingkat Nasional dan Jawa Timur.

Kesimpulan : (1) Rata – rata tingkat daya tahan VO2Max dari atlet bulutangkis PB Fifa Sidoarjo U17 sebesar 50,34 dan rata – rata tingkat daya tahan VO2Max atlet bulutangkis PB Sportif Nganjuk U17 sebesar 46,14. (2) rata – rata kecepatan atlet bulutangkis PB Fifa Sidoarjo U17 sebesar 5,05 detik, dan rata – rata kecepatan atlet bulutangkis PB Sportif Nganjuk U17 sebesar 5,93 detik. (3) rata – rata power atlet bulutangkis PB Fifa Sidoarjo U17 sebesar 81,45 watt, dan rata – rata power atlet bulutangkis PB Sportif Nganjuk U17 sebesar 67,06 watt. (4) Terdapat perbedaan kondisi fisik antara atlet Bulutangkis PB Fifa Sidoarjo U17 dengan atlet bulutangkis PB Sportif Nganjuk U17.

Kata kunci : Tingkat Daya tahan VO2Max, Kecepatan, dan Power


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.