PROFIL KONDISI FISIK ATLET PUTRA UKM JU-JITSU UNESA

DEFRI DWI PRASNANTO, ACHMAD RIZANUL WAHYUDI

Abstract


Salah satu faktor penting untuk meraih suatu prestasi dalam olahraga selain penguasaan teknik, taktik,dan kemampuan mental adalah kondisi fisik. Secara keseluruhan setiap cabang olahraga membutuhkan penguasaan kondisi fisik, teknik, dan mental seperti dalam Ju-Jitsu. Adapun komponen kondisi fisik Ju-Jitsu dominan yaitu kelentukan, kekuatan, daya ledak, kecepatan, kelincahan, daya tahan, keseimbangan, dan koordinasi. Dalam Ju-Jitsu gerakan yang terampil dapat dilakukan apabila kemampuan kondisi fisiknya memadai. Kondisi fisik seseorang akan sangat mempengaruhi bahkan menentukan gerak penampilannya.

Dengan demikian kondisi fisik merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi olahraga. Semakin baik kondisi fisik yang dimiliki oleh atlet maka semakin tinggi pula kemampuan untuk melakukan gerak. Dari fenomena tersebut, bahwa kondisi fisik atlet Ju-Jitsu Unesa merupakan salah satu pondasi untuk mencapai prestasi maksimal, serta kondisi fisik atlet Ju-Jitsu UKM Unesa sendiri masih dipertanyakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi fisik atlet putra Ju-Jitsu Dojo UKM Universitas Negeri Surabaya.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan diskriptif yang merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya tujuan menggambarkan sistematis fakta dan karakteristik objek yang diteliti secara tepat.

Proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes kecepatan, kelincahan, kelentukan, kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, daya tahan, daya ledak otot tungkai, keseimbangan, dan koordinasi mata dan tangan. Setelah di teliti dapat disimpulkan : bahwa kecepatan 7 atlet (58%) masuk dalam kategori baik, kelincahan 6 atlet (50%) masuk dalam kategori baik, kekuatan otot perut 6 atlet (50%) masuk dalam kategori sedang, kekuatan otot lengan 4 atlet (33%) masuk dalam kategori kurang, daya tahan 6 atlet (50%) masuk dalam kategori kurang, daya ledak otot tungkai 6 atlet (50%) masuk dalam kategori sedang, keseimbangan 6 atlet (50%) masuk dalam kategori kurang, kelentukan 9 atlet (75%) masuk dalam kategori baik, dan koordinasi 7 atlet (58%) masuk dalam kategori kurang.

KATA KUNCI : Profil, Atlet, Kondisi Fisik, Ju-Jitsu.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.