ANALISIS KEGAGALAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI TIM PUTRA BHAYANGKARA SURABAYA SAMATOR DI FINAL PGN LIVOLI DIVISI UTAMA DI BLORA JAWA TENGAH TAHUN 2016

ANANG SYAIIN, MACHFUD IRSYADA

Abstract


Abstrak

Olahraga mempunyai arti penting dalam usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya masnusia. Olahraga itu sendiri tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena kehidupan manusia terdiri dari dua aspek, yaitu aspek jasmani dan rohani yang tidak dapat dipisah – pisahkan. Jika kedua aspek berkembang dan tumbuh secara selaras maka akan timbul kehidupan yang harmonis. Keselarasan kehidupan jasmani dan rohani pada manusia dapat dicapai antara lain dengan olahraga.

Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dari data-data observasi pada final PGN livoli divisi utama di Blora Jawa Tengah tahun 2016 tanggal 11 Desember 2014 di GOR Mustika Blora Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data melalui video rekaman pertandingan pada final PGN livoli divisi utama di Blora Jawa Tengah tahun 2016 dan tim yang bertanding yaitu Bhayangkara Surabaya Samator dan Jakarta TNI AU. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Volleyball Information System (VIS), persentase aktifitas kegagalan.

Aktifitas kegagalan yang paling sering terjadi pada pertandingan final PGN livoli divisi utama di Blora Jawa Tengah tahun 2016 adalah block sebanyak 52 kali dengan persentase sebesar 48.14%, kegagalan block yang paling sering terjadi bola dari block masuk dan menyentuh lapangan pada block posisi 3 sebanyak 26 kali dengan persentase (50%). Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan kelemahan tim yang berlaga pada final PGN livoli divisi utama Blora Jawa Tengah tahun 2016 terletak pada keterampilan block.

Hasil penelitian dapat disimpulkan kegagalan Bhayangkara Surabaya Samator untuk merai Juara 1 dipengaruhi oleh kegagalan block sebanyak 52 kali dengan persentase sebesar 48.14%, kegagalan block yang paling sering terjadi bola dari block masuk dan menyentuh lapangan pada block posisi 3 sebanyak 26 kali dengan persentase (50%). Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan kelemahan tim yang berlaga pada final PGN livoli divisi utama Blora Jawa Tengah tahun 2016 terletak pada keterampilan block dengan total aktifitas kegagalan tim putra Bhayangkara Surabaya Samator sebanyak 108 poin dari total aktifitas 716 kali.

Kata Kunci : Keterampilan Bermain, bolavoli, putra PGN livoli divisi utama 2016


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.