ANALISIS PASSING SUKSES INDONESIA SOCCER ACADEMY DI LIGA MANDIRI U-14 2017

RAMON DESTIANTO P, IMAM SYAFII

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak passing, jumlah passing sukses dan banyaknya presentase passing sukses yang dilakukan tim ISA dalam pertandingan di Liga Mandiri U-14 2017. Hasil dari penelitian dapat dijadikan sebagai salah satu refrensi bagi masyarakat dalam bidang olahraga sepakbola. Dan memudahkan pelatih sepakbola dalam menganalisa passing dalam permainan sepakbola.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode ekspos fakto. Metode deskriptif bertujuan untuk membuat gambaran secara sistematis mengenai fakta – fakta keberhasilan passing dan passing sukses yang dilakukan oleh tim ISA sesuai dalam pertandingan Liga Mandiri U-14 2017. Metode penelitian ekspos fakto merupakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi. Sasaran pada penelitian ini adalah seluruh pemain ISA yang mengikuti turnamen Liga Mandiri U-14 2017.

Hasil penelitian passing yang berhasil dilakukan oleh tim Indonesia Soccer Academy di turnamen Liga Mandiri U-14 2017 yaitu sebanyak 1410 kali melakukan passing dalam 6 pertandingan. Jumlah passing yang paling banyak dilakukan oleh tim Indonesia Soccer Academy di turnamen Liga Mandiri U-14 2017 adalah saat melawan Semen Indonesia sebanyak 322 kali passing yang dilakukan dalam pertandingan tersebut. Jumlah passing sukses yang berhasil dilakukan oleh tim Indonesia Soccer Academy di turnamen Liga Mandiri U-14 2017 yaitu sebanyak 1089 kali melakukan passing sukses dalam 6 pertandingan. Jumlah passing sukses yang paling banyak dilakukan oleh tim Indonesia Soccer Academy di turnamen Liga Mandiri U-14 2017 adalah saat melawan Semen Indonesia sebanyak 271 kali melakukan passing sukses yang dilakukan dalam pertandingan tersebut. Dalam turnamen Liga Mandiri U-14 2017 jumlah presentase passing sukses yang paling tinggi dilakukan oleh tim Indonesia Soccer Academy adalah saat melawan Semen Indonesia dengan presentase passing sukses sebanyak 84%.

Kata Kunci : Statistik, Analisa, Sepakbola, Indonesia Soccer Academy, Passing, Passing Sukses.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.