PENGARUH VARIASI LATIHAN LADDER DRILL LEG HOP DAN LATIHAN TEST SITUATION TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN

RAKHMAT NUR HIDAYAT, IMAM SYAFII

Abstract


Kelincahan merupakan komponen kondisi fisik penting dalam sepakbola. Setiap pemain sepakbola yang memiliki kelincahan, dapat menjadi penentu dalam sebuah pertandingan. Karena pemain yang lincah mampu menghindari kawalan pemain lawan bahkan melewati goalkeeper (penjaga gawang). Kelincahan dapat ditingkatkan dengan adanya latihan yang disiplin, terstruktur dan terprogram. Latihan adalah proses berlatih secara berulang-ulang untuk kondisi tubuh yang lebih baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mencari jawaban dari rumusan masalah yang telah diajukan, yaitu (1) Apakah ada pengaruh variasi latihan ladder drill leg hop terhadap peningkatan kelincahan?, (2) Apakah ada pengaruh latihan test situation terhadap peningkatan kelincahan?, (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara latihan variasi ladder drill leg hop dan latihan test situation terhadap peningkatan kelincahan?

Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan pendekatan deskriptif. Sasaran penelitiannya adalah 20 siswa SSB PGMS Situbondo U12-U14 yang dibagi menjadi 2 kelompok dengan menggunkan teknik ordinal pairing dalam pengelompokannya. Teknik pengumpulan data menggunakan ilinois agility run/ilinois test untuk mengetahui kelincahan pada setiap anggota kelompok.

Hasil penelitian menggunakan perhitungan statistik uji t paired sample t test, diketahui bahwa kelompok latihan variasi ladder drill leg hop terdapat pengaruh terhadap kelincahan karena nilai Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 dan kelompok latihan test situation juga terdapat pengaruh terhadap kelincahan karena nilai Sig. (2-tailed) 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa kedua latihan tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kelincahan. Hasil perhitungan statistik uji t menggunakan independent sample t test, dipaparkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) lebih besar dari 0,05 yaitu (0,56>0,05) dan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan diantara kedua latihan tersebut. Data peningkatan kemampuan kelincahan, kelompok latihan test situation memiliki persentase kenaikan yang lebih besar dari kelompok latihan variasi ladder drill leg hop, yaitu 11,22% persentase milik kelompok latihan test situation berbanding 10,73% persentase milik kelompok variasi latihan ladder drill leg hop. Berikut merupakan data hasil dari penelitian sehingga bisa dijadikan kajian dan masukan kepada para pelatih sekolah sepakbola Kabupaten Situbondo, tetapi pelatih perlu memperhatikan, mengkaji, dan menganalisa kebutuhan yang sesuai untuk atlet dalam meningkatkan kualitas serta prestasi kedepannya.

Kata kunci: pengaruh, latihan ladder drill leg hop, latihan test situation, kelincahan, sepakbola.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.