KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT PERAS TANGAN, KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KETEPATAN FLYING SHOOT ATLET BOLA TANGAN KABUPATEN GRESIK

ILHAM NUR ARDIAN, AGHUS SIFAQ

Abstract


Permainan bola tangan adalah permainan yang sederhana tetapi juga atraktif yang membutuhkan unsur kondisi fisik dan dukungan antropometri yang baik sehingga mampu melakukan semua pergerakan di dalam olahraga bola tangan dengan baik. Pergerakan olahraga terdiri dari berlari, melompat, melempar, menangkap, memblokir, dan mendorong antar pemain. Salah satu teknik di bola tangan untuk mencetak gol adalah shooting. Di dalam bola tangan shooting yang sangat mudah adalah flying shoot. Flying shoot adalah tembakan melayang yang dilakukan dalam permainan bola tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi otot peras tangan, kekutan otot tungkai dan power otot lengan terhadap ketepatan flying shoot. Sasaran penelitian ini adalah atlet bola tangan putra kabupaten gresik yang berjumlah 14 orang. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik deskriptif kuantitatif, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes kekuatan otot peras tangan, kekuatan otot tungkai dan power otot lengan.

Dari hasil penelitian di atas dapat di jelaskan : hasil anova menyatakan nilai Fhitung = 11.637 > Ftabel = 3,71. antara Hal ini dapat dikatakan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan variable kekuatan otot peras tangan (X1), kekuatan otot tungkai (X2) dan variabel power otot lengan (X3) terhadap ketepatan flying shoot (Y). Dari hasil penelitian diperoleh secara individual variabel kekuatan otot peras tangan memberikan kontribusi terbesar terhadap variabel ketepatan flying shoot bola tangan.

Kesimpulan: 1.Variabel kekuatan otot peras tangan (X1) memberikan kontribusi sebesar 63,04 %. 2.Variabel kekuatan otot tungkai (X2) memberikan kontribusi sebesar 0,20 %. 3.Variabel power otot lengan (X3) memberikan kontribusi sebesar 29,48 %. Secara individual masing-masing variabel hanya kekuatan otot peras tangan yang memiliki kontribusi yang signifikan dan secara bersama-sama seluruh variabel bebas memberikan kontribusi sebesar 77,79 % terhadap akurasi hasil flying shoot bola tangan (Y) sehingga secara keseluruhan dapat digeneralisasikan ke dalam populasi.

Kata Kunci:Kekuatan Otot peras tangan, Kekuatan Otot tungkai, power otot lengan, flying shoot, Bola tangan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.