PENGARUH LATIHAN ALTERNATE LEG BOUND DAN KANGAROO JUMP TERHADAP DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI ATLET SSB PORASS TRENGGALEK KU 16-17 TAHUN

BIMA WAHYU ROMADHONI, TUTUR JATMIKO

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban dari rumusan masalah, yaitu pengaruh latihan alternate leg bound terhadap daya ledak otot tungkai , pengaruh latihan kangaroo jump terhadap daya ledak otot tungkai dan, perbedaan pengaruh antara latihan alternate leg bound dan kangaroo jump terhadap daya ledak otot tungkai.

Metode Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan sasaran penelitian sebanyak 20 atlet SSB Porass Trenggalek KU 16-17 tahun yang dibagi menjadi 2 kelompok dengan menggunakan teknik ordinal pairing dalam pembagian kelompoknya. Teknik pengumpulan data menggunakan standing broad jump untuk mengetahui daya ledak otot tungkai dari setiap atletnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok latihan alternate leg bound terdapat pengauh yang signifikan terhadap peningkatan daya ledak otot tungkai dikarenakan hasil pehitungan statistik menggunakan paired sample t test nilai dari Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 dan kangaroo jump juga terdapat pengaruh terhadap daya ledak otot tungkai dikarenakan hasil perhitungan statistik menggunakan paired sample t test nilai dari Sig. (2-tailed) 0,000<0,05, artinya dapat disimpulkan bahwa kedua latihan tersebut dapat dijadikan variasi latihan dalam meningkatkan daya ledak otot tungkai. Untuk uji t hasil diantara kedua latihan tersebut menggunakan independent sample t test bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kedua latihan karena nilai dari Sig. (2-tailed) 0,536>0,05 dan dapat disimpulkan bahwa kedua latihan tersebut tidak terdapat perbedaan pengaruh dikarenakan sama-sama terdapat peningkatan. Berdasarkan data peningkatan kemampuan daya ledak, kelompok latihan alternate leg bound memiliki persentase kenaikan yang lebih besar dari kelompok latihan kangaroo jump yaitu 6,64% persentase milik kelompok latihan alternate leg bound berbanding 6,11% persentase milik kelompok latihan kangaroo jump .Berikut merupakan hasil dari penelitian ini sehingga bisa dijadikan kajian dan masukan kepada para pelatih cabang olahraga sepakbola Kabupaten Trenggalek, tetapi setiap pelatih ataupun praktisi olahraga perlu memperhatikan, mengkaji, dan menganalisa kebutuhan yang sesuai dengan atlet dalam meningkatkan kualitas serta prestasi di masa mendatang.

Kata kunci : pengaruh, latihan alternate leg bound, latihan kangaroo jump, daya ledak otot, sepakbola


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.