ANALISIS EFEKTIVITAS JUMP SHOOT DAN SET SHOOT TERHADAP TEMBAKAN KE RING PADA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET PUTRA SMA NEGERI 1 PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN

MUHAMMAD FAIZAL ARIF, RAYMOND IVANO AVANDI

Abstract


ABSTRAK

Shooting adalah kemampuan oleh seorang pemain bolabasket dalam melakukan tembakan yang mengarah ke keranjang lawan, untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya. Ada beberapa jenis tembakan dalam permainan bolabasket, yaitu dilakukan dengan jump shoot atau set shoot. Jump shoot adalah teknik shooting yang dilakukan dengan diawali lompatan, sedangkan set shoot adalah teknik menembak hanya diam di tempat atau tanpa lompatan. Dalam permainan bolabasket kita harus memperhatikan efektivitas dalam melakukan tembakan. Dengan mengetahui efektivitas tembakan tersebut, seorang pemain dapat mengambil posisi tembakan yang dapat langsung mengarah dan memasukan bola ke ring.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas jump shoot dan set shoot terhadap tembakan ke ring. Instrumen yang digunakan adalah tes jump shoot dan set shoot yang diadopsi dari tes Barry L Johnson yaitu dari 5 sudut posisi tembakan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakulikuler bolabasket putra SMA Negeri 1 Paciran Kabupaten Lamongan dengan jumlah 15 siswa.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian data jump shoot permainan bolabasket di SMA Negeri 1 Paciran Kabupaten Lamongan, diperoleh range : 13 ; jumlah kelas : 5 ; panjang interval : 3 ; rerata : 13,27 ; standar deviasi : 3,712 dengan kategori sangatlbaik sebanyak 2 siswa (13,33%); kategori baiksebanyak 5 siswa (33,33%); kategori cukupisebanyak 4 siswa (26,67%); kategori kurang sebanyak 2 siswa (13,33%); dan kategori sangat kurang sebanyak 2 siswa (13,33%). Kemudian datalset shoot diperoleh range : 13 ; jumlah kelas : 5 ; panjang interval : 3 ; rerata : 9,93 ; standarxdeviasi : 3,411 dengan kategori sangat baik sebanyak 1 siswal(6,67%); kategori baik sebanyak 3 siswa (20,00 %); kategorilcukup sebanyak 5 siswal(33,33%); kategori kurang sebanyak 4 siswa (26,67%); dan kategori sangat kuranglsebanyak 2 siswa (13,33%).

Kata Kunci: Ekstrakurikuler Bolabasket, Jump Shoot, Set Shoot.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.