KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT BAHU, KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PERUT, DAN KONSENTRASI TERHADAP KETEPATAN TEMBAKAN PEMANAH JARAK 50 METER RONDE RECURVE

MUHAMMAD RIZAL, TUTUR JATMIKO

Abstract


ABSTRAK

Cabang olahraga panahan bisa dilakukan perorangan maupun sendiri menggunakan anak panah,busur, dan sebuah target untuk sasaran dalam memanah. Tetapi dalam prosesnya cabang olahraga panahan untuk mencetak score tinggi tersebut tidaklah menjadi hal yang mudah, banyak beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu kekuatan dan konsentrasi yang tinggi. Untuk mendapatkan hasil melepaskan anak panah tepat pada titik target face dibutuhkan beberapa komponen kondisi fisik seperti: kekuatan otot bahu, kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, dan konsentrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; kontribusi kekuatan otot bahu, kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, dan konsentrasi terhadap ketepatan memanah jarak 50 meter pada ronde recurve baik secara individual maupun secara serentak (bersama-sama). Sasaran penelitian ini adalah atlet klub panahan Surabaya sebanyak 10 atlet. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik korelasional, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes kekuatan otot bahu (expanding dynamometer test), kekuatan otot lengan (push-up test), kekuatan otot perut (sit-up test), dan konsentrasi (excercise grid concentration test). Kesimpulan: 1). Variabel kekuatan otot bahu (X1) memberikan kontribusi sebesar 3,42%. 2). Variabel kekuatan otot lengan (X2) memberikan kontribusi sebesar 4,33%. 3). Variabel kekuatan otot perut (X3) hanya memberikan kontribusi sebesar 12,64%. 4). Variabel konsentrasi (X4) hanya memberikan kontribusi sebesar 1,14%. 5). Keempat variabel secara bersama-sama memberikan kontibusi sebesar 21,53% terhadap ketepatan memanah (Y). Masing – masing variabel tidak memiliki kontribusi yang signifikan dan secara keseluruhan juga tidak terdapat kontribusi signifikan, jadi tidak dapat digeneralisasikan ke dalam populasi.

Kata Kunci : Kekuatan Otot Bahu, Kekuatan Otot Lengan, Kekuatan Otot Perut, Konsentrasi, dan Ketepatan Memanah Jarak 50 meter pada Ronde Recurve.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.