PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA TENIS JAWA TIMUR

GANANG RAHMAT TRISNAWAN, IRMANTARA SUBAGIO

Abstract


Abstrak

Pembinaan merupakan suatu cara dilakukan oleh beberapa individu untuk mencapai hasil yang terbaik dari berbagai usaha dan atau kegiatan dengan perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Pembinaan tenis lapangan Jawa Timur pada tingkat junior banyak atlet yang bersaing dengan atlet dari daerah lain hingga bisa berkontribusi pada Seleksi Nasional kelompok umur 14 tahun dan 16 tahun. Selain itu pada kompetisi multievent tingkat senior yaitu PON XIX Jawa Barat, provinsi Jawa Timur meraih peringkat kedua. Salah satu sumbangsih medali berasal dari tim tenis lapangan yang meraih enam emas.

Jadi, tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembinaan prestasi tenis di Jawa Timur yang dilihat dari faktor – faktor pendukung pembinaan dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan prestasi tenis di Jawa Timur.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa proses pembinaan prestasi cabang olahraga tenis Jawa Timur termasuk “Sedang”. Hasil penelitian sebanyak lima faktor yang termasuk “Sedang” yaitu faktor atlet, pelatih, sarana prasarana, organisasi, dan dana kemudian ada satu faktor yang termasuk “Kurang” yaitu faktor kalender kompetisi.

Kata Kunci : Pembinaan prestasi, faktor – faktor pembinaan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.