SRVEI KONDISI FISIK PEMAIN SEPAK BOLA SSB INDONESIA MUDA SURABAYA ( Studi pada kelompok umur 19 tahun )

ABU RIZAL MAULANA, MOHAMMAD FARUK

Abstract


Sepakbola SSB Indonesia Muda Surabaya merupakan club sepakbola yang bergerak dalam bidang pembinaan dan pengembangan olahraga sepakbola bagi anak-anak, remaja dan yunior. Sepakbola SSB Indonesia Muda Surabaya sebagai club sepakbola yang bergerak dalam bidang pembinaan wajib memperhatikan kondisi fisik tiap pemain sehingga mereka memiliki kualitas yang baik. Apalagi sarana prasarana, media, dan peralatan yang dimiliki oleh Sepakbola SSB Indonesia Muda Surabaya cukup memadai dan ditambah kurangnya pelatih yang menangani tiap kelompok umurnya. Tentunya akan berdampak pada kualitas kondisi fisik dan prestasi tim. Kondisi fisik tidak didapat dengan instan melainkan melalui latihan dengan program latihan yang terstruktur dengan baik dan dengan bimbingan pelatih yang bagus pula. Prestasi tidak akan terwujud apabila pemain tidak memiliki kondisi fisik dengan tingkat yang baik. Kondisi fisik sangat diperlukan oleh atlet sepakbola agar dapat berprestasi maksimal, sebagai penunjang penguasaan teknik, taktik dan kematangan mental bertanding. Beberapa kondisi fisik yang harus dimiliki seseorang pemain sepakbola adalah daya ledak, kecepatan, kelincahan, dan daya tahan.

Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui tingkat kondisi fisik pemain sepakbola SSB Indonesia Muda Surabaya U-19, meliputi daya ledak otot tungkai, kecepatan, kelincahan, dan daya tahan. Subyek penelitian ini adalah 18 pemain sepakbola SSB Indonesia Muda Surabaya U-19.

Hasil penelitian: (1) Daya ledak otot tungkai pemain sepakbola SSB Indonesia Muda Surabaya U-19 rata-rata 77,6338889 watt. (2) Kecepatan pemain sepakbola SSB Indonesia Muda Surabaya U-19 rata-rata 3,43 detik. (3) Kelincahan pemain sepakbola SSB Indonesia Muda Surabaya U-19 rata-rata 8,77 detik pada kelincahan kanan sedangkan rata-rata kelincahan kiri 8,82 detik. (4) Daya tahan pemain SSB Indonesia Muda Surabaya U-19 rata-rata 46,28 ml/kg/min. Jadi dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa keadaan kondisi fisik pemain sepakbola SSB Indonesia Muda Surabaya U-19 dalam keadaan baik yakni kecepatan, kelincahan kanan dan kelincahan kiri, sedangkan daya tahan masuk dalam kategori sedang dan daya ledak masuk kategori kurang.

Kata Kunci : profil, sepakbola, kondisi fisik


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.