STATISTIK PENJAGA GAWANG MEMAINKAN BOLA DENGAN KAKI (PASSING) DAN TANGAN DALAM PERTANDINGAN SEPAKBOLA

DANANG SETYO PRIAMBODO, MOHAMMAD FARUK

Abstract


Abstrak

Posisi penjaga gawang adalah posisi yang sangat vital dalam permainan sepakbola. Penjaga gawang bertugas mengamankan bola yang akan masuk ke dalam gawangnya dengan tangan atau bagian tubuh lainnya dengan cara apapun, sehingga bola tidak dapat masuk ke dalam gawangnya. Pada era sepakbola modern saat ini, tugas penjaga gawang bukan hanya untuk menghalau bola yang akan masuk kegawangnya saja, tetapi penjaga gawang juga ikut dalam permainan tim untuk menyerang ke pertahanan lawan. Jadi tim juga bias membangun serangan dari belakang dengan melibatkan penjaga gawang. Skema ini sudah banyak digunakan oleh para pelatih top dunia agar bias menguasai permainan sehingga bias memenangkan pertandingan.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa banyak passing dan penyelamatan yang dapat dilakukan oleh penjaga gawang pada suatu pertandingan, presentase kesuksesan passing, dan juga perbandingan antara keduanya. Untuk penelitian ini peneliti mengambil data dari beberapa tim professional sepakbola yang mengikuti Liga 1 Indonesia yaitu Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, Arema Malang, Bali United dan Madura United.

Dari data hasil analisis yang didapatkan oleh peneliti pada 5 tim yang ikut Liga 1 Indonesia, diketahui bahwa jumlah keseluruhan passing dari tim yang diambil datanya oleh peneliti adalah sebanyak 311 kali passing dari 20 pertandingan yang diambil oleh peneliti.

Untuk presentase kesuksesan passing sendiri, dari data hasil analisis yang didapatkan oleh peneliti pada 5 tim yang ikut Liga 1 Indonesia, diketahui bahwa penjaga gawang tim Persela Lamongan melakukan passing sukses sebesar 65,3%, penjaga gawang tim Persebaya Surabaya melakukan passing sukses sebesar 63,4%, penjaga gawang tim Arema Malang melakukan passing sukses sebesar 57,1%, penjaga gawang tim Bali United melakukan passing sukses sebesar 72,7%, dan penjaga gawang tim Madura United melakukan passing sukses sebesar 67,9%.

Dari data hasil analisis yang didapatkan oleh peneliti dari 5 tim yang ikut Liga 1 Indonesia, diketahui bahwa penjaga gawang tim Persela Lamongan bermain dengan kaki dan tangan yaitu 54 : 65. Penjaga gawang tim Persebaya Surabaya bermain dengan kaki dan tangan yaitu 80 : 59. Penjaga gawang tim Arema Malang bermain dengan kaki dan tangan yaitu 58 : 61. Penjaga gawang tim Bali United bermain dengan kaki dan tangan yaitu 57 : 61. Penjaga gawang tim Madura United bermain dengan kaki dan tangan yaitu 62 : 36.

Untuk perbandingan seluruh tim yaitu 311 : 211 berarti penjaga gawang lebih banyak bermain dengan kaki daripada dengan tangan.

Kata Kunci :Passing, Penjaga Gawang, Penyelamatan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.