PERBANDINGAN VO2MAX DAN IMT PADA KARATE USIA PEMULA ANTARA PERGURUAN INKAI YMCA DAN INKANAS ZIDAM KOTA SURABAYA

MARTHA DEBY ARIYANTO, OCE WIRIAWAN

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mengkaji dan mencari jawaban dari rumusan masalah yang telah dirumuskan, yaitu (1) berapa rata-rata Vo2max atlet karate INKAI YMCA dan INKANAS ZIDAM?, (2) berapa rata-rata IMT atlet karate INKAI YMCA dan INKANAS ZIDAM?, (3) berapa perandingan tingkat vo2max atlet INKAI YMCA dan INKANAS ZIDAM?, (4) berapa perbandingan IMT atlet INKAI YMCA dan INKANAS ZIDAM?

Metode penelitian ini aalah kuantitatif dalam pendekatan deskriptif sasaran peneitian ini adalah 7 siswa INKAI YMCA dan INKANAS ZIDAM Kota Surabaya kategori usia 11-13 Tahun. Teknik pengumpuan data menggunakan tes MFT untuk mengetahui VO2max pada setiap siswa, dan pengukuran tinggi badan serta berat badan untuk mengetahui IMT pada setiap siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa INKAI YMCA memiliki rata-rata VO2Max 37,55 dan INKANAS ZIDAM 40,78. Hasil ini menunjukkan jika siswa INKANAS ZIDAM mempunyai rata-rata VO2Max lebih baik daripada INKAI YMCA. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata IMT untuk siswa INKAI YMCA yaitu sebesar 16,62 dan siswa INKANAS ZIDAM 17,04. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa IMT INKANAS ZIDAM memiliki rata-rata yang lebih baik dari INKAI YMCA. Hasil perhitunga persentase VO2max pada siswa INKAI YMCA yang tergolong kategori baik sebesar 14,30% dengan frekuensi, katagori normal 42,85% dengan frekuensi 3 dan kategori kurang 42,85% dengan ketegori 3. Sedangkan pada perhitungan persentase VO2Max siswa INKANAS ZIDAM yang tergolong kategori baik yang sebesar 14,30% dengan frekuensi 1, kategori normal 42,85% frekuensi 3, kategori kurang 42,85% dengan frekuensi 3 pada perhitungan persentase IMT untuk siswa INKAI YMCA yang tergolong kategori normal 14,30% dengan frekuensi 1 dan kategori kurang 85,70% dengan frekuensi 6. Sedangkan pada perhitungan persentase IMT siswa INKANAS ZIDAM yang tergolong kategori normal 14,30% dengan frekuensi 1, kategori kurang 85,70% dengan frekuensi 6.

Hasil pengolahan data penelitian yang telah dilakukan, maka VO2Max INKANAS ZIDAM memiliki kondisi daya tahan paru lebih baik dari INKAI YMCA dikarenakan rata-rata yag diperoleh lebih besar yaitu 40,78 milik INKANAS ZIDAM berbanding 37,55 milik INKAI YMCA. Sedngkan hasil pengolahan data penelitian pada IMT, maka siswa INKANAS ZIDAM memiliki kondisi indeks massa tubuh yang lebih daripada INKAI YMCA dikarenakan rata-rata yang diperoleh lebih besar yaitu 17,04 milik INKANAS ZIDAM berbanding 16,62 milik INKAI YMCA.

Kata Kunci: Perbandingan VO2Max, IMT.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.