TINGKAT ANTROPOMETRI DAN BIOMOTOR ATLET BOLAVOLI PBV. SURABAYA BAYANGKARA SAMATOR

NANDA USNATA, MUHAMMAD

Abstract


Olahraga bolavoli adalah olahraga permainan beregu yang terdiri dari 6 orang dalam 1tim dengan ukuran lapangan 18 x 9 meter dan di batasi net setinggi 2.43 untuk pria dan 2.24 untuk wanita di tengah lapangan untuk membagi lapangan permainan tim A dan tim B, peraturan permainan bolavoli adalah menjatuhkan bola di lapangan lawan dengan 3 kali sentuhan dan melewati si atas net, untuk mendapatkan poin, tim di nyatakan menang apabila sudah mencapa point 25 atau lebih 2 angka ketika point melewati angka 25.

Dari karakteristik permainan bolavoli dapat di simpulkan bahwa atlet bolavoli harus memiliki tinggi tubuh yang bagus dan tinggi dilihat dari adanya pembatas di tengah lapangan yaitu net setinggi lebih dari 2 meter dan didukunng komponen biomotorik seperti kecepatan, daya ledak otot tungkai dan kelincahan untuk menjadi atlet voli yang handal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat antropometri dan komponen biomotorik dari PBV. Surabaya Samator yang merupakan persatuan bolavoli level internasional di asia dan menjadikan data yang sudah didapatkan sebagai standar atau acuan untuk mencetak pembinaan usia dini atlet bolavoli di Indonesia.

Dari hasil penelitian tentang antropometri dan biomotorik atlet bolavoli PBV. Surabaya Samator dapat di simpulkan, bahwa hal terpenting untuk menjadi atlet bolavoli yang handal adalah memiliki tinggi badan dan kondisi tubuh yang bagus serta normal seperti manusia seutuhnya untuk komponen komponen biomotoriknya dapat di capai dengan latian secara teratur dan intensif sesuai dengan program latihan yang telah di buat.







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.