ANALISIS KONDISI FISIK ATLET BULUTANGKIS KATEGORI REMAJA PADA KLUB PERSATUAN BULUTANGKIS GALAXY SIDOARJO

NADIA FIDDININA, MOCHAMAD PURNOMO

Abstract


Bulutangkis adalah olahraga individual, dapat dilakukan secara tunggal dan ganda, berdiri pada lapangan berlawanan dan dibatasi net dan menggunakan raket sebagai alat pemukul dan shuttlecock sebagai objek pukul. Kondisi fisik adalah salah satu kesatuan yang utuh dari komponen-komponen yang tidak dapat dipisahkan begitu saja, baik peningkatan maupun pemeliharaannya. Analisis kondisi fisik yang diperlukan untuk pemain bulutangkis, selain tingkat kemampuan tehnik dan mental yang baik, maka unsur-unsur seperti kekuatan, kelincahan, kecepatan harus dibina. Peran kondisi fisik digunakan untuk mendukung pencapaian prestasi olahraga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai komponen kondisi fisik yang dimiliki atlet bulutangkis galaxy Sidoarjo kategori remaja. Dengan mengetahui besarnya kekuatan otot lengan, kekuatan otot tungkai, daya tahan, kelincahan, dan kecepatan. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan dasar dalam mengetahui hasil kondisi fisik pada atlet persatuan bulutangkis galaxy Sidoarjo.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu menggambarkan apa yang terjadi sebagaimana mestinya pada saat penelitian dilakukan secara sistematis fakta dan karakteristik objek yang diteliti secara tepat, menggunakan metode angka, melalui dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan data hasilnya, untuk mendeskripsikan observasi suatu objek dimana bilangan menjadi bagaian dari pengukuran. Penelitian ini dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari 8 subjek atlet bulutangkis galaxy Sidoarjo.
Dari data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil dari tes yang sudah dilakukan pada atlet persatuan bulutangkis galaxy Sidoarjo kategori remaja pada kekuatan otot lengan mayoritas masuk dalam kategori Baik. Pada kekuatan otot tungkai masuk dalam kategori Sedang. Pada daya tahan masuk dalam kategori Sedang dan Baik. Pada kelincahan masuk dalam kategori Baik. Pada kecepatan lari 30m masuk dalam kategori Sedang dan Baik.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.