ANALISIS ANTROPOMETRI DAN KEMAMPUAN FISIK TIM BOLAVOLI PUTRA SMAN 1 TAMAN

MUHAMMAD GAZHWAN MAULANA, NINING WIDYAH KUSNANIK

Abstract


Peranan kemampuan fisik sangat penting dalam permainan olahraga bolavoli, sehingga seorang pelatih harus memiliki kejelian dalam menjalankan program latihan agar para pemain atau atlet mempunyai kemampuan fisik yang optimal.

Kemampuan fisik yang baik dan stabil sangat diperlukan karena hal tersebut berdampak pada performance pemain dalam suatu pertandingan, jika kemampuan fisik kurang baik maka teknik dan permainan pemain dalam pertandingan kurang maksimal. Tim bolavoli putra SMAN 1 Taman tergolong dalam satu tim yang cukup memiliki prestasi, tetapi prestasinya masih dalam kategori sedang atau dapat disebut kurang stabil sehingga hal tersebut mebuat peneliti perlu melakukan pengetesan tingkat antropometri dan beberapa komponen kemampuan fisik .

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat antropometri dan kemampuan fisik yang meliputi; power otot tungkai kekuatan power lengan kelincahan daya tahan. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif, dengan jumlah sampel 12 atlet. Data dikumpulkan dengan melakukan tes terhadap antropometri yang meliputi tinggi badan, berat badan guna mengetahui tingkat indeks massa tubuh, panjang lengan, panjang tungkai, kemampuan fisik yang meliputi kecepatan, daya tahan, kelincahan, dan power otot tungkai.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata indeks massa tubuh (IMT) adalah 20,2 kg/m2 berada dalam kategori normal, rata-rata power otot lengan adalah 6,6 meter berada dalam kategori sedang, rata-rata kekuatan adalah 2,6 kali berada dalam kategori sedang, rata-rata power otot tungkai adalah 26,6 cm berada dalam kategori baik sekali,rata-rata kelincahan adalah 10,03 detik berada dalam kategori baik sekali dan rata-rata daya tahan adalah 31,2 mL/kg/min berada dalam kategori kurang.

Kesimpulan penelitian ini adalah Indeks masa tubuh (IMT) TIM bolavoli putra SMAN 1 Taman masuk dalam kategori normal, power otot lengan masuk dalam kategori sedang, kekuatan masuk dalam kategori sedang, power otot tungkai masuk dalam kategori baik sekali, kelincahan masuk dalam kategori baik sekali, dan daya tahan TIM bolavoli putra SMAN 1 Taman masuk dalam kategori Kurang. Hal tersebut mendorong peneliti untuk menjadikannya sebagai objek penelitian, menyusun program latihan yang lebih baik serta dapat mencapai target sesuai dengan ketentuan dan standarisasi atau norma yang berlaku.







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.