PENGARUH LATIHAN CHEST PRESS RESISTANCE BAND DAN PUSH UP TERHADAP KEKUATAN OTOT LENGAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

MIFTAH QUTORIKI ROHMAH, MOCHAMAD PURNOMO

Abstract


Kondisi fisik menjadi peran penting bagi olahraga khususnya olahraga prestasi dimana penguasaan komponen biomotor seperti daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan kelentukan sangat dibutuhkan. Dalam penelitian ini mengkaji tentang kekuatan otot lengan. Kekuatan adalah kemampuan otot atau sekelompok otot mengatasi suatu beban atau tahanan yang berasal pada saat melakukan kegiatan atau aktifitas.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan chest press resistance band dan push up terhadap kekuatan otot lengan dan mana yang lebih berpengaruh terhadap kekuatan otot lengan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sebanyak 34 subjek penelitian di UKM Bulutangkis Universitas Negeri Surabaya putra dan terbagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama adalah kelompok latihan chest press resistance band dan kelompok kedua adalah kelompok latihan push up.

Penelitian ini dilakukan selama 6 minggu diluar dari pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini adalah Sig. (2-tailed) 0,219 > 0,05 ada pada latihan chest press resistance band dan Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 pada latihan push up. Kesimpulannya adalah latihan push up berpengaruh signifikan daripada latihan chest press resistance band.







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.