EFEKTIVITAS PERMAINAN PESERTA INDONESIAN BASKETBALL LEAGUE (IBL) 2017 / 2018 PADA PERTANDINGAN SEMIFINAL DAN FINAL(Berdasarkan Statistik Pertandingan)

RAHMAD DEDDI K, AGUS HARIYANTO

Abstract


Dalam suatu pertandingan olahraga, statistik merupakan bagian yang penting. Statistik pertandingan mempunyai peranan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas tim secara maksimal, dapat digunakan untuk menganalisis kelemahan dan kelebihan calon lawan, dan sebagai alat untuk menyusun strategi yang efektif untuk menghadapi calon lawan. Indonesian Basketball League (IBL) adalah kompetisi bolabasket professional yang dinaungi PERBASI dan telah menggunakan statistik pertandingan disetiap pertandingannya. Setiap tim peserta IBL pasti memiliki tingkat efektivitas permainan yang berbeda-beda disetiap pertandingan, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas permainan tim semifinalist dan finalist IBL 2017/2018.

Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengambilan data dilakukan dengan mengambil data sekunder berupa dokumen hasil statistik pertandingan semi final dan final Indonesian Basketball League (IBL) 2017/2018 yang di download dari website resmi IBL www.iblindonesia.com.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Pada pertandingan semifinal, tim yang unggul dan paling efektif dalam rata-rata komponen statistik per pertandingan adalah tim Satria Muda Pertamina yang unggul dalam field goal sebesar 42%, 2 point sebesar 47%, 3 point sebesar 29%, total rebound sebanyak 56 kali,dan assist sebanyak 23,66 kali. Urutan kedua adalah tim adalah tim Hangtuah Sumsel yang unggul dalam rata-rata komponen statistik pertandingan free throw sebesar 63%, steal sebanyak 7,66 kali, dan paling sedikit dalam komponen statistik turn over sebanyak 8,66 kali dan fouls sebanyak 17,66 kali. Urutan ketiga adalah tim Pelita Jaya yang unggul dalam rata-rata komponen statistik pertandingan free throw sebesar 63%, dan block sebanyak 4,33 kali. Urutan keempat adalah tim Stapac Jakarta yang unggul dalam rata-rata komponen statistik pertandingan steal sebanyak 7,66 kali. 2). Pada pertandingan final, Tim Satria Muda unggul dalam rata-rata komponen statistik pertandingan field goal sebesar 39%, 2 point sebesar 43%, 3 point sebesar 22%, free throw sebesar 64%, assist sebanyak 19 kali, dan lebih sedikit dalam fouls sebanyak 18,33 kali. Sedangkan tim Pelita Jaya unggul dalam rata-rata komponen statistik pertandingan total rebound sebanyak 45,66 kali, steal sebanyak 9,33 kali, blocks sebanyak 3,66 kali, dan lebih sedikit melakukan turn over sebanyak 11,33 kali.

Kata kunci : Efektivitas, Statistik, Bolabasket, IBL

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.