PENGARUH LATIHAN PADA MALAM HARI TERHADAP KUALITAS TIDUR (STUDI PADA CLUB FUTSAL ESPIRITO FUTSALISMO SURABAYA)

RAFIUD ARIFUDIN, AZIZATI ROCHMANIA

Abstract


Manfaat Olahraga membuat tubuh menjadi segar, bugar, dan sehat. Akan tetapi, kesibukan jam kerja atau jam sekolah memang memaksa seseorang untuk memanfaatkan aktivitas olahraga pada malam hari. Meskipun menyehatkan, olahraga malam juga mempunyai efek samping yang tidak baik untuk tubuh dan kesehatan manusia. beberapa risiko beraktivitas fisik di malam hari yang menjadi ancaman bagi kesehatan, salah satunya yaitu kekacauan waktu tidur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara latihan pada malam hari terhadap kualitas tidur. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dari PSQI. Pada penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 20 orang atlet. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan perlakuan (treatment) yaitu latihan futsal pada malam hari, kemudian atlet melakukan istirahat pada malam hari dan pagi hari atlet melakukan pengisian kuesioner PSQI.

Berdasarkan hasil studi berupa latihan pada malam hari dan pengisian kuesioner PSQI, didapatkan hasil mengenai kualitas tidur atlet Espirito Futsalismo Surabaya menunjukkan bahwa mayoritas atlet memiliki kualitas tidur yang buruk. Terbukti dari total jam tidur kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki total jam tidur yang berbeda, yaitu kelompok eksperimen memiliki total jam tidur yang relatif pendek sekitar 5-7 jam. Sedangkan untuk kelompok kontrol memiliki total jam tidur yang realatif panjang yaitu sekitar 6-8,5 jam. Dan dari hasil alisis uji paired sample t-test antara latihan pada malam hari dengan kualitas tidur menghasilkan nilai 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara latihan pada malam hari terhadap kualitas tidur.

Kata kunci : Latihan pada malam hari, Kualitas tidur.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.