IDENTIFIKASI FAKTOR PENUNJANG DAN PENGHAMBAT PRESTASI BOLA BASKET PUTRI DI SMKN 1 BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

UMI YASIROH, GIGIH SIANTORO

Abstract


SMK Negeri 1 Boyolangu adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Tulungagung yang telah mendapatkan banyak prestasi melalui tim bola basket putri. Salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan prestasi bola basket adalah program latihan. Prestasi cabang olahraga bola basket dalam pelatihannya juga dipengaruhi oleh faktor kualitas latihan yang terdiri dari kepribadian pelatih, fasilitas sarana dan prasarana latihan, kompetisi, sumbangan dari ilmu pengetahuan, dan atlet yang terdiri dari bakat dan motivasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penunjang dan penghambat prestasi bola basket putri yang ada di SMK Negeri 1 Boyolangu. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tape recorder, catatan-catatan, serta dokumen pendukung seperti kamera. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan pengamatan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Sedangkan metode penelitian menggunakan metode partisipasi pasif.

Hasil penelitian diperoleh melalui hasil wawancara terhadap kepala sekolah, pembina, pelatih, 5 atlet, dan 5 orang tua atlet. Bola basket putri di SMK Negeri 1 Boyolangu merupakan salah satu tim berprestasi. Hal ini dibuktikan dengan memperoleh gelar juara dalam berbagai kejuaraan.

Berdasarkan hasil analisis data maka penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor pendukung kualitas latihan tim bola basket putri di SMK Negeri 1 Boyolangu adalah : (1) Fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, (2) Pelatih yang profesional, (3) Kompetisi, (4) Motivasi internal maupun eksternal dari atlet untuk mengikuti latihan, (5) Dukungan dari orang tua, (6) Jadwal latihan yang rutin, (7) Sumbangan dari ilmu pengetahuan, dan (8) Pendanaan. Dan faktor yang menghambat prestasi bola basket putri di SMK Negeri 1 Boyolangu adalah : (1) Jadwal sekolah yang full day, (2) Tidak adanya forum evaluasi untuk komunikasi antara kepala sekolah, pembina, pelatih, dan orang tua atlet.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.