KONTRIBUSI TINGGI BADAN, PANJANG LENGAN, KESEIMBANGAN, KONSENTRASI DAN PERSEPSI KINESTETIK TERHADAP KETEPATAN SHOOTING PADA OLAHRAGA PETANQUE

SYAHRUDIN WARTA KUSUMA CUCU PRAD, NURKHOLIS

Abstract


Abstrak

Petanque adalah olahraga yang dimainkan diatas bidang tanah yang rata menggunakan boules dengan prinsip mendekatkan ke jack dan menjauhkan boules lawan dan dilakukan dari dalam lingkaran. Petanque mempunyai dua teknik, yaitu pointing dan shooting. Pointing adalah teknik mendekatkan boules ke target. Shooting adalah menembak boules lawan. Dalam melakukan shooting dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor fisik, teknik, taktik dan mental. Faktor ini merupakan indikator keberhasilan prestasi seorang atlet.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar sumbangan dari tinggi badan, panjang lengan, keseimbangan, konsentrasi dan persepsi kinestetik terhadap ketepatan shooting. Dengan diketahui besar sumbangan masing-masing, maka sebagai pelatih kita mampu mengetahui karakter dan metode latihan yang harus diterapkan. Hasil dari penelitian ini diharpakan mampu menambah wawasan para pelaku petanque di Jawa Timur.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasional dan menggunakan metode deskriptif, karena menggambarkan berapa besar sumbangan dari masing – masing variabel. Data dari penelitian ini diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS Windows Release 20. Data dari penelitian ini diambil dari 15 atlet petanque di Jawa Timur.Dari data yang sudah diolah, secara keseluruhan memberikan kontribusi sebesar 64,2 %. Sumbangan terbesar adalah variabel tinggi badan dengan nilai 45,1% dan sumbangan kedua yaitu variabel konsentrasi dengan nilai 26,5%. Sedangkan ketiga variabel lainnya mempunyai nilai negatif, yaitu keseimbangan dengan nilai -0,5%, persepsi kinestetik dengan nilai -0,9%, dan panjang lengan dengan nilai -5,9%.

Kata Kunci: Tinggi Badan, Panjang Lengan, Keseimbangan, Konsetrasi, Persepsi Kinestetik, Ketepatan, Shooting, Petanque.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.