EVALUASI PEMBINAAN CLUB ATLETIK PT PETROKIMIA GRESIK

PRAMADHONA SABRIYANTI PUTRI, EDY MINTARTO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembinaan club atletik PT Petrokimia Gresik dengan cara mengetahui struktur organisasi, rekrutmen atlet, pelatih, dan asisten pelatih, sarana dan prasarana, pendanaan, dan prestasi. Sasarana penelitian ini adalah club atletik PT Petrokimia Gresik yang meliputi: pengurus, pelatih, asisten pelatih, atlet, dan wali atlet. Analisis yang digunakan bersifat kualitatif.

Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah SWOT (strength, weakness, opportunity, threat). Sumber data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan pengurus, pelatih, asisten pelatih, atlet, dan orang tua wali atlet club atletik PT Petrokimia Gresik.

Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian dapat diketahui, (1) kekuatan (strength) meliputi: sarana dan prasarana yang memadai, memiliki pelatih berlisensi IAAF, (2) kelemahan (weakness) meliputi: kurang adanya kaderisasi atlet karena minimnya event yang diadakan, kurangnya motivasi atlet untuk berprestasi, kurangnya minat berlatih atlet, pembinaan yang berdiri sendiri oleh perusahaan, (3) peluang (opportunity) meliputi: pembinaan yang mendukung atlet untuk event kejuaraan hingga tingkat internasional, peluang mencetak atlet yang berprestasi dengan pembibitan atlet yang lebih baik, peluang meraih prestasi yang lebih baik, (4) ancaman (threat) meliputi: latihan atlet yang tidak rutin, kurangnya pengawasan pengurus terhadap atlet dan pelatih

Kata Kunci : Biomekanika, Tolak peluru


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.