PENGARUH LATIHAN SCULLING HIGH ELBOW TERHADAP TEKNIK RENANG GAYA BEBAS ATLET KU 4 HA AQUATIC SURABAYA

NAUFAL RENDIYANTO, IMAM MARSUDI

Abstract


Abstrak

Olahraga renang menjadi salah satu olahraga populer di Indonesia, hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya klub atau pembinaan untuk usia dini hingga usia dewasa yang sudah mengarah pada prestasi. Pencapaian prestasi olahraga renang membutuhkan beberapa faktor dominan diantaranya adalah faktor fisik, teknik, taktik dan mental. Dalam olahraga renang terdapat beberapa macam gaya dan memiliki karakteristik yang berbeda, salah satunya adalah karakteristik renang gaya bebas. Gaya yang benarakan menghasilkan daya dorong yang jauh dengan demikian penggunaan teknik yang benarakan memberikan keuntungan bagi atlet.

Beberapa model latihan untuk menguasai teknik renang gaya bebas adalah finger tip drag, 3 stroke and glide, glide rotate glide, underwater recovery, dan sculling high elbow. Dalam penelitian ini mengkaji tentang teknik renang gaya bebas atlet KU 4 HA Aquatic Surabaya dengan melakukan model latihan sculling high elbow. Latihan sculling high elbow merupakan model latihan yang fokus pada teknik renang. Latihan sculling yang berfokus pada pengulangan kayuhan lengan, gerakaan lengan yang efektif digunakan untuk meningkatkan kekuatan lengan dalam stroke. Latihan sculling memberikan cara yang praktis untuk berlatih sudut kayuhan, perkuat tangan, lengan bawah dan pergelangan tangan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan sculling high elbow terhadap kemampuan renang gaya bebas KU 4 HA Aquatic Surabaya dan besarnya pengaruh sculling high elbow terhadap kemampuan renang gaya bebas KU 4 HA Aquatic. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di HA Aquatic Surabaya dengan menggunakan pengambilan teknik purprosive sampling dan terkelompok sebanyak 10 subjek penelitian KU 4.

Penelitian ini dilakukan selama 6 minggu dengan frekuensi 3 hari dalam seminggu yaitu hari senin, rabu dan sabtu dan diluar dari pre-test dan post-test. Setelah melakukan pre-test selanjutnya membagi kelompok dengan menggunkan teknik ordinal pairing dan dilanjutkan dengan pengambilan post-test. Hasil peneltian ini menggunakan bantuan aplikasi statistik SPSS 23 dengan hasil Sig. (2-tailed) 0,022 < 0,05 ada pada latihan sculling high elbow dan Sig. (2-tailed) 0,242 > 0,05 pada kelompok kontrol. Peningkatan presentase kelompok sculling high elbow dari pre-test ke post-test adalah 0,17% dan peningkatan presentase kelompok control dari pre-test ke­ post-test adalah 0,03%. Kesimpulannya adalah latihan sculling high elbow berpengaruh pada kemampuan renang gaya bebas KU 4 HA Aquatic Surabaya dan memiliki peningkatan sebesar 0,17%.

Kata kunci: teknik renang, latihan sculling high elbow, renang gaya bebas.







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.