ANALISIS TES PENGEMBANGAN DAN KECAKAPAN BERMAIN SEPAK BOLA PADA SISWA SSB MAHESA DHARMA KU 14-15 KEDIRI

YAYANG VIRGONANDA AMPUTRA, AMROZI KHAMIDI

Abstract


ABSTRAK

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia yang memiliki beberapa teknik dasar, salah satunya adalah Menggiring (Dribbling), Mengumpan (Passing), Menendang (Shooting). Dalam permainan sepak bola, teknik dasar ini paling dominan dilakukan oleh seorang pemain di atas lapangan hijau. Karena tujuan akhir menguasai keterampilan teknik dasar pada sepak bola adalah bisa bermain sepak bola dengan baik dan dapat mencetak gol ke gawang lawan sehingga tim dapat memenangkan sebuah pertandingan.

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kecakapan bermain sepak bola, terutama teknik dasar sepak bola (dribbling, passing, shooting) oleh siswa SSB Mahesa Dharma KU 14-15 Kediri dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran.

Rata-rata dari hasil yang dapat dilihat bahwa siswa SSB Mahesa Dharma KU 14-15 adalah 0 siswa (0%) yang memperoleh kategori nilai Sangat Baik, 8 siswa (26,7%) yang memperoleh kategori nilai Baik, 13 siswa (43,3%) yang memperoleh kategori nilai Cukup, 5 siswa (16,7%) yang memperoleh kategori nilai Kurang, 4 siswa (13,3%) yang memperoleh kategori nilai Kurang Sekali. Dengan rata-rata waktu 24,03 detik pada interval 22,38 – 24,82 detik.

Dengan demikian kesimpulan yang dapat diambil adalah rata-rata kemampuan teknik dasar sepak bola siswa SSB Mahesa Dharma KU 14-15 masuk dalam kategori “Cukup”.

Kata Kunci : Analisis, Kecakapan, Sepak Bola, SSB Mahesa Dharma







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.