EVALUASI TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN DAN TEKNIK DASAR BOLAVOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER PUTRI DI SMP NEGERI 3 GRESIK

HADI MULYONO, MACHFUD IRSYADA

Abstract


Bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang popular dan digemari oleh masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua, laki-laki atau perempuan serta masyarakat kota maupun desa bermain bolavoli. Dikalangan masyarakat Indonesia, permainan bolavoli tidak hanya untuk sarana rekreasi atau mengisi waktu luang saja akan tetapi juga berkembang kea rah kompetisi dan prestasi untuk mencapai prestasi maka pemain bolavoli perlu menguasai teknik-teknik dasar bermain bolavoli yaitu passing, service, dan smash. Apabila pemain bolavoli dapat menguasai teknik dasar bolavoli maka keterampilan bermain bolavoli juga meningkat sehingga dapat meraih prestasi yang bagus.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi keterampilan bermain bolavoli peserta ekstrakurikuler bolavoli putri di SMPN 3 Gresik. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi pelatih ekstrakurikuler bolavoli putri untuk mengetahui seberapa besar penguasaan teknik dasar bolavoli tersebut. Selain itu, juga untuk mengetahui sejauh mana keterampilan bermain peserta kstrakurikuler bolavoli putri saat menghadapi lawan. Lebih lanjut lagi untuk menyusun program latihan yang tepat untuk peserta ekstrakurikuler.

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif karena data yang di hasilkan berupa angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik dasar bermain bolavoli peserta ekstrakurikuler bolavoli putri SMPN 3 Gresik yakni sebesar 72% atau 10 dari 14 siswa. kemudian untuk keterampilan bermain yang di ukur dengan VIS menunjukkan bahwa lebih baik daripada tim lawan dibuktikan dengan memenangkan 2 set sekaligus.

Kata Kunci: Teknik Dasar Bolavoli, Keterampilan Bermain Bolavoli, Ekstrakurikuler, SMPN 3 Gresik






Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.