PENGARUH LATIHAN JUMP TO BOX DAN DOUBLE LEG HOP PROGRESSION TERHADAP PENINGKATAN POWER KAKI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI

BAYU OKTADIANTO NUGROHO, MOCHAMAD PURNOMO

Abstract


ABSTRAK

Jump To Box dan Double Leg Hop Progression merupakan salah satu latihan yang digunakan untuk meningkatkan tingggi loncatan. Pada penelitian ini latihan Jump To Box dan Double Leg Hop Progression digunakan untuk meningkatkan power kaki dan kekuatan otot tungkai. Rumusan masalah pada peneltian ini adalah untuk mengetahui berapa persen pengaruh latihan Jump To Box dan Double Leg Hop Progression terhadap peningkatan power kaki dan kekuatan otot tungkai pada tim bola basket.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen.Sasaran penelitian yaitu atlet ekstrakulikuler tim bola basket putra SMK Negeri 3 Probolinggo usia 15-18 tahun yang berjumlah 20 orang dan dibagi menjadi 2 kelompok dengan menggunakan Randomized Control Group Pre-test and Post-test Design. Teknik pengumpulan data menggunakan test Jump MD dan Leg Dynamometer.

Hasil penelitian menggunakan perhitungan statistik Uji t Paired Sample T-Test, diketahui bahwa kelompok latihan Jump To Box memiliki pengaruh terharap peningkatan power kaki dikarenakan hasil Sig. (2-tailed) 0,005<α=0,05 sedangkan kekuatan otot tungkai hasil Sig. (2-tailed) 0,003<α=0,05 dan kelompok latihan Double Leg Hop Progression memiliki pengaruh terhadap peningkatan power kaki dikarenakan hasil Sig. (2-tailed) 0,018<α=0,05 sedangkan kekuatan otot tungkai hasil Sig. (2-tailed) 0,005<α=0,05. Dapat disimpulkan bahwa latihan Jump To Box dan Double Leg Hop Progression memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan power kaki dan kekuatan otot tungkai. Data peningkatan power kaki kelompok latihan Jump To Box memiliki persentase 14,7% sedangkan kekuatan otot tungkai memiliki persentase 28,7% , dan untuk peningkatan power kaki kelompok latihan Double Leg Hop Progression memiliki persentase 8,8% sedangkan kekuatan otot tungkai memiliki persentase 60,1%.

Kata kunci : Pengaruh, Jump To Box, Double Leg Hop Progression, Power kaki, Kekuatan otot tungkai

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.