KARAKTERISTIK PERMAINAN BOLAVOLI GRAND FINAL LIVOLI DIVISI UTAMA PUTRA TAHUN 2018 MAGETAN JAWA TIMUR

AINUZZAMI AZZAKY, MACHFUD IRSYADA

Abstract


Bolavoli merupakan olahraga permainan atau tim yang dilakukan oleh 6 orang pemain setiap tim, dikarenakan olahraga ini adalah olahraga beregu yang menyatukan 6 orang pemain yang memiliki tugas masing-masing dalam setiap tim makadalam olahraga ini setiap tim memiliki ciri khas atau karakteristik permainan yang berbeda-beda antara satu tim dengan tim lainnya, dikarenakan setiap tim memiliki individu pemain dengan tekhnik permainan yang berbeda beda, maka dari itu dalam penilitian ini mengkaji tentang karakteristik permainan bolavoli tim putra livoli divisi utama putaran grand final.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik permainan seperti apa yg dimainkan oleh kedua tim yang bertanding pada livoli divisi utama pada putaran grand final yang diselenggarakan di Gor Ki Mageti Magetan Jawa Timur Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen. Sampel penelitian ini adalahtim putra livoli yang masuk grand final.

Penelitian ini dilakukan selama 1 hari pada saat putaran grand final. Hasil penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi statistic SPSS 23 Hasil dari penelitian ini ditemukan adanya perbedaan karakteristik permainan antara kedua timdari segi ketrampilan bermain meliputi service, receive, attack, block, toss, dan dig.

Kesimpulan dari keseluruhan menunjukkan adannya perbedaan karakteristik permainan antara timSurabaya Bhayangkara Samator dan tim Indomaret dari segi service, receive, attack, block, toss, dan dig.

Kata kunci : Bolavoli, karakteristik, service, receive, attack, block, toss,dig

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.