PENGARUH LATIHAN BARBELL BACK SQUAT TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI ATLET ANGKAT BESI BOJONEGORO

MOCHAMMAD IVAN ADITYA PRATAMA, TUTUR JATMIKO

Abstract


Angkat Besi adalah-suatu cabang-olahraga-yang mengandalkan kekuatan untuk mengangkat bahan dari besi. Tercapainya prestasi dalam cabang olahraga angkat besi membutuhkan-beberapa aspek penting diantaranya adalah fisik, teknik, taktik, dan-mental. Dalam penelitian ini mengkaji tentang seberapa besar peningkatan-kekuatan-otot-tungkai-dengan-metode-latihan-barbell-back-squat.

Tujuan dari-penelitian ini-adalah untuk-mengetahui apakah ada pengaruh latihan barbell back squat-terhadap peningkatan-kekuatan-otot-tungkai-atlet angkat besi Bojonegoro. Metode yang digunakan-dalam penelitian ini-adalah kuantitatif eksperimen. Sampel penelitian -berjumlah 7 atlet angkat besi laki-laki kelompok umur-junior (15-21) tahun dan terbagi menjadi 1 kelompok.

Penelitian ini dilakukan selama 6 minggu dengan-frekuensi-3-hari-latihan dalam seminggu. Hasil penelitian ini-diolah-menggunakan bantuan aplikasi statistik SPSS 22.0 dengan hasil Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05 pada latihan barbell back squat. Peningkatan presentase-kelompok barbell back squat dari pretest ke posttest adalah 3,12%. Kesimpulan dari keseluruhan tes menunjukkan adannya peningkatan-kekuatan-otot-tungkai-dari-atlet-angkat-besi Bojonegoro yang signifikan-setelah-diberikan latihan-barbell-back-squat.

Kata-kunci: Angkat-Besi, Barbell back squat, Kekuatan-otot-tungkai.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.