ANALISIS TEKINIK DASAR PASSING DAN SHOOTING PADA PERTANDINGAN BABAK FINAL FOUR PRO FUTSAL LEAGUE 2018 TIM VAMOS MATARAM

RACHMAD TRI ATMOJO, ARIF BULQINI

Abstract


Abstrak

Futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang mulai digemari masyarakat Indonesia. Didalam permainan futsal memiliki tujuan yaitu meraih kemenangan disemua pertandingan. Untuk meraih sebuah kemenangan dibutuhkan sebuah taktik dan strategi permainan. Maka dari itu diperlukan keterampilan teknik dasar yang baik dalam permainan futsal. Karena dalam situasi permainan futsal, setiap pemain bersentuhan dengan bola, apabila pemain tidak menguasai teknik dasar yang baik maka lawan akan mudah merebut dan menguasai permainan (Lhaksana, 2009: 2).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan teknik passing dan ketepatan teknik shooting pada pertandingan babak final four pro futsal league 2018 tim Vamos Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain tim Vamos Mataram. Pengambilan sampel dalam penelitian ini melalui observasi tidak langsung atau melalui dokumentasi video pertandingan 20x20 menit.

Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dokumentasi video pada pertandingan futsal selama 20x20 menit. Adapun yang diteliti adalah berapa besar tingkat keberhasilan suatu tim melakukan passing dan berapa besar ketepatan suatu tim melakukan shooting, di tim pada pertandingan babak final four pro futsal league 2018 tim Vamos Mataram. Yaitu data diambil melalui pengamtan video pertandingan dan memasukkan data hasil pengamatan pada blanko.

Simpulan pada penelitian ini adalah tingkat keberhasil passing sangat tinggi mencapai 600 kali (88%). Tingkat ketepatan teknik shooting mencapai 40 kali on target (48%).

Kata Kunci : Futsal, Teknik Dasar Passing dan Shooting







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.