SURVEI KEMAMPUAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA PADA SSB BLIGO PUTRA SIDOARJO USIA 10-11 TAHUN

HISBULLAH AMAR P, ARIF BULQINI

Abstract


Abstrak

Permainan sepakbola merupakan cabang olahraga yang banyak digemari oleh semua kalangan masayarakat, kenyataan ini dapat dilihat, bahwa perkembangan sepakbola mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal ini terbukti dengan banyaknya klub-klub sepakbola di desa atau di kota yang ingin berprestasi setinggi mungkin. Untuk meraih prestasi tidaklah muda, kareana teknik, taktik dan mental yang baik. Teknik dasar dalam permainan sepakbola merupakan salah satu komponen penting yang harus dikuasai setiap pemain, karena teknik dasar sangat menunjang permainan agar lebih baik, baik secara individu maupun tim.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan teknik dasar dengan bola SSB BLIGO PUTRA Sidoarjo usia 10-11 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang menerapkan gambaran aktifitas kemampuan teknik dasar dengan bola yang dilakukan oleh pemain SSB BLIGO PUTRA Sidoarjo usia 10-11 tahun putra. Subyek penelitian ini adalah pemain SSB BLIGO PUTRA Sidoarjo usia 10-11 tahun yang berjumlah 20 pemain.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap peserta yang mengikuti tes kemampuan teknik dasar sepakbola di SSB BLIGO PUTRA Sidoarjo usia 10-11 tahun melalui 7 macam item tes diperolah hasil bahwa kemampuan teknik dasar bermain sepakbola pada SSB BLIGO PUTRA Sidoarjo usia 10-11 tahun tergolong sedang terbukti dari sebanyak 6 anak (30%) masuk kategori kurang sekali, sebanyak 6 anak (30%) masuk kategori kurang, sebanyak 5 anak (25%) masuk kategori sedang, sebanyak 1 (5%) anak masuk kategori baik dan sebanyak 2 anak (10%) masuk kategori baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan teknik dasar permainan sepakbola SSB BLIGO PUTRA Sidoarjo usia 10-11 tahun masuk dalam kategori sedang.

Kata kunci : Sepak bola, Teknik Dasar, SSB Bligo Putra

Kata kunci : Kata kunci : Futsal, Keterampilan Teknik Dasar Bermain Futsal


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.