ANALISIS TINGKAT KONDISI FISIK PEMAIN FUTSAL REJEKI SPORT CLUB (RSC) DUDUKSAMPEYAN GRESIK U-20

MOH FIRMAN FELANI, MOHAMMAD FARUK

Abstract


Salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam suatu permainan pada olahraga prestasi adalah aspek kondisi fisik. Kemampuan kondisi fisik yang baik akan menunjang suatu permainan yang baik pula, karena kondisi fisik merupakan pondasi dalam meningkatkan suatu permainan. Kondisi fisik merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan, baik peningkatannya maupun pemeliharaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen kondisi fisik yang memberi kontribusi paling besar terhadap pemain futsal RSC Duduksampeyan Gresik.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif menggunakan model penelitian populasi, sehingga sample yang digunakan adalah semua pemain RSC Duduksampeyan Gresik yang berjumlah 20 Orang. Pengukuran kondisi fisik yang meliputi komponen yang penting dan dominan dalam permainan futsal dengan cara menguku rkecepatan (speed) ,mengukur kelincahan (agility), dan yang terakhi rmengukur tingkat ketahanan aerobik.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan penghitungan nilai kecepatan, pemain futsal Rejeki Sport Club (RSC) Duduksampeyan Gresik U-20 tahun 2018 sebagian besar dikategorikan baik. Dari aspek kelincahan, pemain futsal Rejeki Sport Club (RSC) Duduksampeyan Gresik U-20 tahun 2018 sebagian besar dikategorikan sedang. Untuk aspek ketahanan aerobic, nilai Vo2max yang dimiliki pemain futsal Rejeki Sport Club (RSC) Duduksampeyan Gresik U-20 tahun 2018 sebagian besar dikategorikan kurang sekali.Kata Kunci: Futsal, KondisiFisik (kecepatan, kelincahandandayatahan).

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.