TINGKAT KONDISI FISIK PEMAIN TIM FUTSAL SMA NEGERI 9 SURABAYA DAN SMA MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA

MOCHAMMAD YUSUP NUGRAHA, ARIF BULQINI

Abstract


Futsal adalah permainan yang sangat cepat dan dinamis. Dari segi lapangan yang relatif kecil, hampir tidak ada ruangan untuk membuat kesalahan. Karena futsal sebagai cabang olahraga yang gerakan bola datang dan perginya tidak teratur, maka kemampuan bergerak dengan cepat untuk mengontrol, berlari, dan berhenti secara tiba-tiba sangat diperlukan dan kerja sama antar pemain lewat umpan yang akurat, bukan hanya melewati lawan.

Kondisi fisik merupakan unsur yang sangat penting hampir diseluruh cabang olahraga. Oleh karena itu latihan kondisi fisik perlu mendapat perhatian yang serius, direncanakan dengan matang dan sistematis sehingga tingkat kesegaran jasmani dan kemampuan fungsional alat-alat tubuh lebih baik. Dalam cabang olahraga futsal sangat membutuhkan kondisi fisik yang baik ,saat kondisi fisik pemain futsal itu baik memungkinkan pemain menampilkan kualitas permainan yang bagus.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kondisi fisik kecepatan, kelincahan, daya tahan aerobik, kekuatan otot tungkai, dan kekuatan jauhnya lompatan pemain Tim Futsal SMA Negeri 9 Surabaya dan Tim Futsal SMA Muhammadiyah 4 Surabaya.

Hasil penelitian diperoleh: (1) rata-rata kecepatan pemain SMA Negeri 9 Surabaya adalah 5,17 detik, (2) rata-rata kelincahan pemain SMA Negeri 9 Surabaya adalah 12,01 detik,(3) rata-rata kekuatan otot tungkai SMA Negeri 9 Surabaya adalah 70,08 kg, (4) rata-rata daya tahan aerobik SMA Negeri 9 Surabaya adalah 39,01 ml/kg/min, (5) rata-rata kekuatan jauhnya lompatan SMA Negeri 9 Surabaya adalah 223,3 cm dan (1) rata-rata kecepatan pemain SMA Muhammadiyah 4 Surabaya adalah 4,70 detik, (2) rata-rata kelincahan pemain SMA Muhammadiyah 4 Surabaya adalah 11,02 detik, (3) rata-rata kekuatan otot tungkai SMA Muhammadiyah 4 Surabaya adalah 92,95 kg, (4) rata-rata daya tahan aerobik SMA Muhammadiyah 4 Surabaya adalah 33,34 ml/kg/min, (5) rata-rata kekuatan jauhnya lompatan SMA Muhammadiyah 4 Surabaya adalah 218,6 cm.

Kata kunci : Futsal, Kecepatan, Kelincahan, Kekuatan Otot Tungkai, Daya Tahan Aerobik, Kekuatan Jauhnya Lompatan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.