ANALISIS GERAK CABANG OLAHRAGA DIVING SPRINGBOARD 1 METER GOLONGAN 303B

FIRMANSYAH RASANG, YONNY HERDYANTO

Abstract


ABSTRAK

ANALISIS GERAK CABANG OLAHRAGA DIVING SPRINGBOARD 1 METER GOLONGAN 303B

Nama : Firmansyah Rasang

NIM : 13060474112

Program Studi : S1

Jurusan : Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Fakultas : Fakultas Ilmu Olahraga

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr. Yonny Hedyanto, M.Kes

Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur melibatkan seluruh anggota tubuh yang ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Selain meningkatkan kebugaran jasmani, kini olahraga juga digunakan sebagai alat untuk penunjang prestasi melalui pertandingan maupun perlombaan dari tingkat nasional hingga internasional, salah satunya cabang olahraga loncat indah. Loncat indah adalah loncatan yang dilandaskan dengan indah mulai dari awalan, lepas dari papan atau menara, melayang di udara dan saat masuknya ke dalam air, jemarinya dari ujung papan ½ sampai 1 meter dan masuknya tegak lurus ke dalam air. Pentingnya peranan seorang pelatih untuk melatih teknik dari usia dini hingga atlet dapat melakukan variasi gerakan.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengenalkan bagaimana peranan kepelatihan yang dipadukan dengan sains olahraga khususnya kemampuan biomekanik menghasilkan kesempurnaan rangkaian gerak loncat indah. Untuk mengetahui rangkaian gerakan loncat indah yang paling efektif, dilakukan analisis dengan menggunakan software sport video analysis kinovea kepada atlet PUSLATDA Jatim. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk melatih gerakan yang lebih efektif dan efisien.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif – kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari lima kali rangkain gerakan loncat indah 303B dan telah dibandingkan dengan video rujukan, maka sudut yang efektif dilakukan adalah dengan sudut tolakan 118o, ketinggian float 2,34 meter, sudut pike 43o, kecepetan rotasi 12,08m/s, sudut entry 72o.

Kata kunci: sudut tolakan, ketinggian float, sudut pike, kecepatan rotasi, sudut entry


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.