SURVEI KONDISI FISIK SSB TULUNGAGUNG PUTRA U-15

TATAK PRIANGMBODO, MOHAMMAD FARUK

Abstract


Abstrak

Perkembangan olahraga yang semakin hari semakin maju dan berkembang, memerlukan sebuah proses pembinaan olahraga yang baik, tersetruktur dan terencana, seperti misalnya olahraga sepakbola, untuk menghasilkan prestasi yang tinggi haruslah melalui pembinaan diusia dini yang baik. Kondisi fisik sangat dibutuhkan dalam setiap peningkatan prestasi atlet. Ini merupakan dasar yang harus diperhatikan untuk pencapaian prestasi yang maksimal. Karena hampir semua aktivitas gerak dalam olahraga selalu mengandung unsure-unsur kekuatan, durasi, kecepatan, dan gerak komplek yang memerlukan perluasan gerak persendian (Bompa pada sukadiyanto,2005:54). Kondisi fisik adalah salah satu persyaratan yang sangat diperlukan dalam usaha peningkatan prestasi seorang atlet, bahkan sebagai landasan titik tolak suatu awalan olahraga prestasi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kondisi fisik pada pemain SSB Tulungagung Putra U-15. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dengan subyek 23 pemain. instrument dalam penelitian ini adalah pengukuran IMT, Daya ledak, Kecepatan, Kelincahan, Daya tahan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) IMT : Rata-rata IMT pada pemain sepakbola klub SSB Tulungagung Putra U-15 adalah 19,61, dalam kategori normal. (2) Daya ledak : Rata-rata Daya ledak pada pemain sepakbola klub SSB Tulungagung Putra U-15 adalah 44,08, dalam kategori kurang. (3) Kecepatan : Rata-rata Kecepatan pemain sepakbola klub SSB Tulungagung Putra U-15 adalah 4,06, dalam kategori kurang. (4) Kelincahan : Rata-rata kelincahan pemain sepakbola klub SSB Tulungagung Putra U-15 adalah 11,16, dalam kategori baik. (5) Daya tahan : Rata-rata daya tahan pemain sepakbola klub SSB Tulungagung Putra U-15 adalah 46,77, dalam kategori baik.

Hal ini menunjukan bahwa kondisi fisik sangatlah penting dan harus diperhatikan dalam olahraga sepakbola, terutama seperti komponen kondisi fisik misalnya kecepatan, kelincahan, daya ledak, daya tahan dan juga indeks masa tubuh, disini peran pelatih sangatlah penting untuk mengatur pola latihan yang tersetruktur dan sistematis. Dengan kondisi fisik yang baik latihan bisa berjalan secara optimal dan program latihan bisa berjalan dengan baik. Dan disini pelatih harus memperbaiki program latihannya secara sistematis untuk menjaga peforma pemainnya agar tetap prima, seperti frekuensi latihan, intensitas latihan, volume latihan harus ditingkatkan, sehingga kondisi fisik pemain bisa meningkat menjadi lebih baik terutama di daya ledak dan kecepatan harus lebih diperhatikan dan diluar latihan klub pemain harus berlatih sendiri menambah latihan fisik untuk menjaga peformanya.

Kata Kunci : Sepakbola, Kondisi Fisik dan Vo2max


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.