PENGARUH LATIHAN ONE LEG HOOP PROGRESSION DAN DOUBLE LEG HOOP PROGRESSION TERHADAP KEKUATAN OTOT TUNGKAI PADA ATLET SOFTBALL PUTRI ALLIGATOR CLUB SURABAYA

PRADITYA DWI HERDYANTO

Abstract


Abstrak

Olahraga softball adalah permainan bertahan dan menyerang mengunakan alat pemukul,bola dan alat penangkap. Dalam bentuk permainan yang dimainkan oleh dua tim dan setiap babak terdapat satu tim yang menyerang dan tim yang bertahan, Untuk dapat mencapai penampilan prestasi yang optimal, maka kekuatan harus ditingkatkan sebagai landasan yang mendasari dalam pembentukan biomotor lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh latihan One Leg Hoop Progrestion dan Double Leg Hoop Progrestion terhadap kekuatan otot tungkai.

Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah kuantitatif dengan pendekatan ekperimen semu, populasi dalam penelitian eksperimen ini adalah atlet softball putri Alligator Club Surabaya sebanyak 14 atlet dengan usia 16 sampai dengan 19 Tahun. Prosedur pelaksanaan tes kekuatan otot tungkai dengan alat Back and Leg Dynamometer.

Berdasarkan hasil penelitian dan sumber yag dipelajari dapat disimpulkan Latihan one leg hoop progression memiliki pengaruh lebih besar terhadap peningkatan kekuatan otot tungkai daripada latihan double leg progression .

Kata Kunci: Softball, Kekuatan, One Leg Hoop Progrestion dan Double Leg Hoop Progrestion.






Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.