APLIKASI SISTEM INSTRUMENTASI PADA SISTEM PENDINGINAN TOYOTA AVANZA TIPE 1.5 G 1500CC 4 SILINDER

AAN ANHARA

Abstract


Abstrak


Kendaraan merupakan alat transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat. Dalam perkembangan kendaraan bermotor diperlukan sistem pendinginan yang lebih baik dalam hal mendinginkan mesin supaya tidak terjadi overheating. Maka dirancang sistem pendingin mesin seperti adanya radiator untuk menunjang peforma mesin supaya pendinginan pada mesin tetap terjaga.Dalam penelitian ini merupakan penelitian yang berbentuk rancang bangun berbasis eksperimen (experimental research). Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perencanaan sistem instrumentasi pada sistem pendinginan Toyota Avanza. pada “Aplikasi Sistem Instrumentasi Pada Sistem Pendinginan Toyota Avanza 1.5G 1500 cc 4 silinder” ini adalah bertujuan untuk Mengetahui seberapa effisiensi perpindahan panas yang digunakan pada mesin mobil Toyota Avanza.Hasil dari pengujian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat diketahui bahwa nilai kapsitas perpindahan panas yang berbeda-beda pada setiap variasi kecepatan (RPM) karena dipengaruhi oleh pelepasan temperatur pada fluida yang akan dilepaskan pada media perantara yaitu radiator. Juga dipengaruhi oleh faktor laju aliran yang berpengaruh dalam pelepasan temperatur yang terdapat pada fluida yang akan dilepaskan pada media perantara yaitu water cooler. Pada variasi kecepatan putaran mesin mulai dari 3000 sampai 7000 RPM memiliki nilai kapasitas perpindahan panas dari 6,242 Kj/s sampai 44,469 Kj/s, dimana dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecepatan putaran mesin berhubungan dengan temperatur dan laju aliran fluida menjadi semakin tinggi sehingga berpengaruh dengan kapasitas perpindahan panas semakin tinggi pula pada trainer mesin toyota avanza 1500 cc 4 silinder.


Kata Kunci: Sistem pendingin, water cooler, kecepatan putaran mesin, laju aliran fluida, kapasitas temperatur, dan kapasitas perpindahan panas.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.