REDESAIN TRAINER RANGKA ENGINE STAND MOTOR BENSIN TOYOTA KIJANG 4K

ZULFIKAR , MUHAJI

Abstract


Mata kuliah praktik motor bensin pada Prodi D3 Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya pada proses pembelajarannya menggunakan Engine stand yang berfungsi untuk membantu dan mempermudah mahasiswa mempelajari suatu engine. Pembelajaran praktik dengan media engine stand biasanya digunakan untuk praktik tune up dan overhaul mesin. Berdasarkan pengalaman praktik di lapangan dan survei lapangan di laboraturium motor bensin pada Prodi D3 Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, dapat disimpulkan proses praktik tersebut masih memiliki permasalahan kurang efektifnya dari segi waktu dan efisinsi dalam tenaga pada proses overhaul. Yaitu, harus menurunkan engine dari rangka karena kontruksi dari rangka yang tetap(fixed) sehingga komponen engine tidak dapat di lepas seluruhnya jika engine masih berada pada rangka. Tujuan dalam tugas akhir ini untuk merubah fungsi rangka dari engine stand yang semula kontruksinya tetap dan hanya digunakan untuk menopang mesin, diubah rangkanya agar memiliki fungsi menopang dan memutar engine diatas rangka.

Pengerjaan dilaksanakan di laboratorium motor bensin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya, waktu pengerjaan 2 bulan, dengan menggunakan metode eksperimen dan proses pengerjaan meliputi: 1) mentukan bahan, 2) Perhitungan bahan yang dipilih, 3) mendesain rangka, 4) melakukan pengerjaan rangka, 5) uji coba trial & eror, 6) penggunaan alat dan 7) analisa perbandingan efisiensi dan efektifitas rangka.

Hasil perancangan didapatkan spesifikasi alat menggunakan plat rangka tipe Hollow 30mm%2 2,5mm, U80, U65, gearbox tipe 40 dengan perbandingan putaran 1:40, pemilihan gigi Sprocket 14 dan 19, dan rantai tipe 428H. Berdasarkan hasil uji coba dan pengambilan data waktu proses overhaul didapatkan waktu total menggunakan rangka konvensional 185 menit dan rangka hasil redesain 139,5 menit. Dari data tersebut didapatkan peningkatan efisiensi waktu total overhaul yaitu sebesar 24,6 %.

Kata kunci: Engine stand, Toyota kijang 4K, rangka


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.