ANALISA MESIN PEMIPIL JAGUNG SEMI-OTOMATIS DILENGKAPI BLOWER

AGNY ULUM SEPRILIANZAH, BUDIHARDJO ACHMADI HASYIM

Abstract


ABSTRAK

ANALISA MESIN PEMIPIL JAGUNG SEMI-OTOMATIS DILENGKAPI BLOWER

Nama : Agny Ulum Seprilianzah

NIM : 15050423025

Program Studi : D3 Teknik Mesin

Konsentrasi : Produksi

Jurusan : Teknik Mesin

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Drs. Budihardjo Achmadi Hasyim, M.Pd.

Di Indonesia tanaman jagung sudah dikenal sejak 400 tahun yang lalu. Didatangkan oleh orang Portugis dan Spanyol. Daerah yang sentral produksi jagung pertama di Indonesia adalah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Madura. Selanjutnya tanaman jagung mulai meluas ditanam di pulau Jawa. Dari hasil Survei Pertanian Biro Pusat Satistik ( BPS ) tahun 2014 lalu, daerah sentral paling luas di Indonesia antara lain: Jawa Tengah, Jawa timur, Sulawasi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sumatra, Jawa Barat areal penanaman jagung sekarang sudah terdapat di seluruh provinsi di Indonesia dengan luas tanaman yang bermacam-macam. Sejak tahun 1973 permintaan jagung mengalami peningkatan. Pemenuhan pangan tidak hanya untuk manusia, jagung juga digunakan untuk pemenuhan kebutuhan pakan ternak. Ternak juga mengkonsumsi jagung dalam pakannya diantaranya adalah unggas dan sapi parah.

Orang indonesia banyak yang bekerja sebagai petani jagung, ada berbagai macam alat pemipil jagung yang digunakan oleh sebuah mitra atau masyarakat, ada yang manual, ada yang otomatis dengan digerakkan oleh motor ataupun diesel.

Mesin pemipil ini energy listrik digunakan sebagai sumber penggerak mesin pemipil jagung. Alat ini menggunakan penggerak berupa motor listrik tipe dynamo 1,5 HP dengan kecepatan putaran 2800 rpm serta memiliki 2 lubang masuk untuk jagung dengan kapasitas yang diharapkan produksi 360 kg/jam, Alat ini juga dilengkapi dengan Blower yang berfungsi sebagai penyempurna dalam proses pemipilan jagung serta pemisah biji jagung dengan bonggolnya sehingga hasil yang didapatkan lebih efektif serta efisien.

Kata Kunci : Pemipilan jagung, Efisien, Efektif


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.