ANALISA HASIL PENGUJIAN MESIN CUP SEALER SEMI OTOMATIS

ADHI MULYA ANHAR

Abstract


Di Indonesia khususnya di Jawa Timur banyak pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan minuman ringan seperti di mall dan di pinggir jalan ,kebanyakan para penjual memakai gelas plastik dan menggunakan tutup dari plastik yang di pasangkan pada gelas tersebut. Penggunaan tutup plastik yang hanya di letakkan di atas gelas menyebabkan air yang di dalam gelas mudah tumpah saat dibawa atau terkena goncangan. Melihatpermasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk membahasnya dalm Tugas Akhir ini, yang mana penelitian ini membhas tentang “Analisa Hasil Pengujian Mesin Cup Sealer Semi Otomatis”


   Dalam analisa hasil pengujian mesin cup sealer semi otomatis, langkah awal yang dilakukan adalah menentukan tahap proses pembuatan mesin cup sealer semi otomatis, sehingga dapat menganalisa hasil pengujian pada mesin tersebut sampai didapatkan elemen dasar dari pengujian tersebut, seperti halnya mengatur parameter suhu yang dipakai dan kecepatan motor yang digunakan, kemudian diperoleh data-data hasil pengujian. Langkah wal dalam pengujian yaitu mengatur  parameter suhu lalu mengatur kecepatan motor yang digunakan, kemudian memulai pengoperasiannya pada mesin cup sealer semi otomatis untuk melakukan pengepresan, sehingga bahan yang di press akan membentuk rekatan yang rata pada mulut gelas.


   Hasil akhir dari pengujian yan didapatkan adalah hasil pengujian pada mesin cup sealer semi otomatis lebih efektif dan efisien pada pengopreasiannya, sehingga memperoleh variabel parameter yang maksimal yaitu dengan temperatur 100oC dan kecepatan motor menggunakan Low dengan 10,33 Rpm untuk produk bahan plastik. Dari hasil pengujian tersebut dapat dibuat sebuah mesin cup sealer semi otomatis yang dapat diproduksi sendiri dam memiliki kualitas yang bagus serta produk yang kompetitif di pasaran.


Kata Kunci : Mesin Cup Sealer, Proses Pengepresan, Analisa Hasil Produk


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.