PERBEDAAN PENOKOHAN DAN LATAR PADA ALIH WAHANA CERPEN FILOSOFI KOPI KARYA DEWI LESTARI DALAM FILM FILOSOFI KOPI SUTRADARA ANGGA DWIMAS S

MUHAMMAD ALI MAHSUN

Abstract


Perubahan dari karya sastra satu ke karya sastra lainnya sangat marak akhir-akhir ini. Misalnya, cerpen ke film, novel ke film, lirik lagu ke film, dan sebagainya. Teori ini disebut alih wahana. Film filosofi kopi ini tayang pada April 2015. Film filosofi kopi ini diangkat dan diadaptasi dari cerpen filosofi kopi. Sedangkan cerpen filosofi kopi diterbitkan pertama kali Februari 2006. Pencipta cerpen filosofi kopi adalah Dewi Lestari banyak orang sastrawan memanggilnya Dee.


Dalam proses alih wahana dari karya sastra ke dalam layar atau film akan didapati ketidak sesuaian atau perubahan karya aslinya. Hal ini menarik diteliti, seberapa jauh ketidaksesuaian itu terjadi dalam sebuah proses alih wahana.


Peneliti ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah cerpenfilosofi kopi karya Dewi Lestari dalam film filosofi kopi sutradara Angga Dwimas S. Analisis data dilakukan dengan pertama, penelitian membutuhkan cerpen filosofi kopi karya Dewi Lestari Simangungsong (Dee). Kedua, menambahkan bagian-bagian cerpen yang terkait dengan penelitian, yaitu latar dan tokoh atau penokohan. Ketiga, peneliti menonton film filosofi kopi. Keempat, menandai bagian-bagian hasil transkripsi yang terkait dengan penelitian, yaitu latar dan tokoh atau penokohan. Pengecekan keabsahan data diuji dengan ketekunan pengamatan, kecukupan rujukan, diskusi sama teman, dan mengumpulkan serta menganalisis data.


Hasil proses alih wahana dari cerpen ke film filosofi kopi memunculkan beberapa perubahan yang meliputi latar dan tokoh atau penokohan. Ekranisasi adalah suatu proses pelayar-putihan atau pemindahan/pengangkatan sebuah cerpen kedalam film dari proses ini mengalami penambahan


 


Dari segi latar , film filosofi kopi lebih banyak perubahan atau penambahan latar dibandingkan cerpen filosofi kopi. Sedangkan dari segi tokoh atau penokohan, penulis dan sutradara film filosofi kopi menambahkan jumlah tokoh didalamnya.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.