DORONGAN KEMASYARAKATAN DAN DORONGAN KEAKUAN TOKOH UTAMA DALAM KUMPULAN CERPEN LARUTAN SENJA KARYA RATIH KUMALA : KAJIAN PSIKOLOGI ALFRED ADLER

RIZKY NORRIS A

Abstract


        Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kumpulan cerpen Larutan Senja karya Ratih Kumala. Kumpulan cerpen ini memberikan perspektif yang tidak biasa pada perilaku para tokoh utama dalam tiap cerpen. Kumpulan cerpen ini ditulis pada tahun 2006 dengan latar belakang ragam kehidupan manusia dan jaman yang berbeda pula pada tiap cerpennya sehingga dirasa pas untuk mengkajinya dengan teori psikologi individu oleh Alfred Adler karena di dalamnya begitu banyak peristiwa berupa hubungan tokoh utama dengan lingkungan, hubungan tokoh utama dengan masyarakat di sekitarnya yang menjadikan sebuah sebab pada perilaku tokoh utama. Hal ini sesuai dengan teori psikologi individu Alfred Adler, dalam teorinya ia membicarakan bagaimana dorongan pokok kemasyarakatan dan dorongan pokok keakuan dapat menjadi sebab sebuah perilaku dari manusia.


                Sumber data penelitian ini adalah kumpulan cerpen yang berjudul Larutan Senja karya Ratih Kumala yang terbit pada tahun 2006. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif. Penelitian ini akan memfokuskan pada permasalahan dorongan pokok kemasyarakatan dan dorongan pokok keakuan pada tokoh utama.


                Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa : dorongan pokok kemasyarakatan dan dorongan pokok keakuan seperti apakah yang ada pada tokoh utama dalam kumpulan cerpen Larutan Senja karya Ratih Kumala. Hal ini terepresentasi pada bagaimana tokoh utama berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya, bagaimana interaksi tokoh utama pada masyarakat yang menjadikan sebab sebuah perilaku pada tokoh utama.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.