PRAKTIK APARATUR NEGARA IDEOLOGIS DAN REPRESIF DALAM NOVEL ANIMAL FARM KARYA GEORGE ORWELL (KAJIAN SOSIOLOGI LOUIS ALTHUSSER)

SONY YANUAR WICAKSONO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan fungsi aparatur negara sebagai praktik ideologis dalam novel Animal Farm Karya George Orwell, yang mana novel tersebut juga merupakan representasi dari fakta historis Revolusi Uni Soviet di era Stalin. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengenai; (1) bagaimana praktik ideologis yang dilakukan tokoh Napoleon dan Snowball terhadap tatanan sosial masyarakat hewan di peternakan digambarkan dalam novel Animal Farm karya George Orwell dan (2) apa dampak dari praktik ideologis yang dilakukan tokoh Napoleon dan Snowball terhadap tatanan sosial masyarakat hewan di peternakan yang digambarkan dalam novel Animal Farm karya George Orwell.


Adapun teori yang digunakan untuk menunjang permasalahan tersebut adalah teori mengenai praktik ideologis melalui aparatur negara Louis Althusser. Jenis metode penelitian ini adalah kualitatif dan dengan pendekatan mimetik. Teknik pengumpulan datanya berupa dokumentasi atau pencatatan yang memuat langkah-langkah inti; (1) pembacaan, (2) pengutipan atau pengumpulan data, dan (3) klasifikasi data. Di sisi lain, teknik analisisnya adalah interpretatif deskripsi yang memuat langkah-langkah inti; (1) penyusuanan masalah, (2) pengutipan, (3) analisis, dan (4) penyimpulan.   


Dari pemaparan tersebut, maka ditemukan bahwa ideologi, terlepas apapun nama ideologi tersebut, selalu memuat kekuasaan dan untuk menegaskannya, ideologi selalu dipraktikkan dalam dua bentuk aparatur; ideologi dan represif. Novel Animal Farm karya George Orwell menggambarkan hal tersebut melalui cerita Napoleon dan Snowball yang pada mulanya memperjuangkan kelas dari kekuasaan Pak Jones, namun justru pada akhirnya menjelaskan bagaimana mereka juga ingin berkuasa, terutama Napoleon, melalui aparatur negara ciptaannya sebagai proses penegasan kekuasaannya. Dari refleksinya, itu juga yang terjadi pada masa revolusi Uni Soviet di bawah kepemimpinan Stalin yang merebut kekuasaan kekaisaran Tsar II sehingga novel ini merupakan novel analogis dari fakta historis tersebut beserta cara kerja ideologi.


 


Kata Kunci: Stilistika, Diksi, Citraan, Dan Majas


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.