Kepribadian Anak dalam novel Gadis Cilik di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi (Kajian Psikologi Sastra Sigmund Freud)

RR KEISHA PUTRI INAS

Abstract


KEPRIBADIAN ANAK DALAM NOVEL " GADIS CILIK DIJENDELA " KARYA TETSUKO KUROYANAGI
(KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA SIGMUND FREUD)

RR Keisha Putri Inas

11020144011

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni,

Universitas Negeri Surabaya

E-mail: icharr044@gmail.com

Abstrak

Karya sastra adalah salah satu bentuk karya seni yang dihasilkan manusia dengan menggunakan bahasa sebagai alat pelahirnya. Karya sastra diciptakan bukan hanya untuk menghibur, tetapi juga bermanfaat bagi pembacanya. Karya sastra dianggap sebagai sebagai bentuk ekspresi dari sang pengarang.

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah Id tokoh Totto-chan dalam novel Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi? 2) Bagaimanakah Ego tokoh Totto-chan dalam novel Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi? 3) Bagaimanakah Superego tokoh Totto-chan dalam novel Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi?

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan novel Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi sebagai objek kepribadian dan teori psikoanalisis Sigmund Freud sebagai objek formal. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.

Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat tiga unsur struktur kepribadian menurut Sigmund Freud yaitu Id, Ego, dan SuperEgo.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.