Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Kompetensi Dasar Kesehatan Kerja untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jb 3 SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya

Mafrilia Ardana Neswari Sahputri

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa serta respon siswa dalam pembelajaran koperatif tipe Numbered Heads Together pada kompetensi dasar kesehatan kerja. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain “One-Group Pretest-Posttest Design” yang diterapkan pada siswa kelas X Jasa Boga 3 SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya. Teknik pengambilan data menggunakan metode obervasi, test dan angket. Teknik analisi data menggunakan uji t.


Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together memperoleh rata-rata persentasi 89,56 % (sangat baik) (2) Aktivitas siswa kelas X Jasa Boga 3 SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together memperoleh rata-rata 70,50% (baik). (3) Hasil belajar siswa kelas X Jasa Boga 3 SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya pada pre-test menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang memperoleh nilai KKM yaitu 0% sedangkan pada post-test yaitu 73,07% (4) Respon siswa terhadap proses pembelajaran adalah positif dengan rata-rata keseluruhan pada kelas yaitu 88,84% (sangat baik).


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada kompetensi dasar kesehatan kerja dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jasa Boga 3 SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya.


Kata Kunci: Model pembelajaran tipe NHT, Hasil belajar siswa, kesehatan kerja


 


Abstract


This study aims to explain the implementation of learning, student activities, student learning outcomes and student responses in cooperative learning type Numbered Heads Together on basic occupational health competence. Type of this research is quasi experiment with "One-Group Pretest-Posttest Design" applied to X JB 3 SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya. Technique of taking data used observation method, test and questionnaire. The data analysis technique used t-statistic.


The results of data analysis showed that (1) The implementation of cooperative learning model type Numbered Heads Together obtained average 89.56% (very good). (2) The activity of X JB 3’s students SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya by applied cooperative learning model type Numbered Heads Together got average 70,50% (good). (3) The student’s learning outcomes of X JB 3 SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya on pre-test showed that the average of students who got KKM score is 0% while in post-test’s average 73,07%. (4) The Students response to the learning process were positive with the overall average 88.84% (very good).


Based on the results of this study it can be concluded application of cooperative learning model type Numbered Heads Together on the basic competence of occupational health can improve student learning outcomes X JB 3 SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya.


Keywords: NHT learning type, student’s outcomes, occupational health


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.