KEPUASAN PELANGGAN PADA KUALITAS PRODUK DI KATERING KATERINDA SURABAYA

CHOLISHOTUN NAIMAH

Abstract


Abstrak


Bisnis kuliner merupakan salah satu dari sekian banyak bisnis jasa yang berkembang dengan pesat. Pelanggan sebagai bagian penting bagi perkembangan perusahaan yang harus selalu dipuaskan. Beberapa hal penting untuk mewujudkan kepuasan pelanggan diantaranya adalah produk yang berkualitas, pelayanan yang memuaskan, dan harga yang terjangkau, serta memiliki daya tarik bagi konsumen. Salah satu hal penting pada industri jasa, yaitu kualitas produk untuk memenuhi kepuasan pelanggan, sehingga yang diharapkan oleh pelanggan dari produsen adalah kualitas produk dan jasa atau pelayanan yang maksimal. Pelanggan katering Katerinda kemungkinan merasa sangat tidak puas, tidak puas, cukup puas, puas, dan sangat puas terhadap kualitas produk yang diterimanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pelanggan pada kualitas produk di katering Katerinda Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah katering Katerinda Surabaya di jalan Kendangsari Blok F No 10 Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah pelanggan yang menggunakan jasa katering Katerinda Surabaya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif berwujud kata-kata dan bukan rangkaian angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Katering Katerinda Surabaya sudah menerapkan kualitas produk kepada pelanggannya walaupun masih ada sedikit complain dari pelanggan salah satunya adalah karena terkadang menu yang disajikan oleh katering menggunakan bahan tambahan seperti penguat rasa maupun pewarna secara berlebihan. 2) Pelanggan merasa puas terhadap kualitas produk yang diberikan dengan capaian interpretasi skor mencapai 67,3% , angka tersebut berada pada selang 61%-80% yang tergolong puas.


 


Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk, katering Katerinda Surabaya


Abstract


Culinary business is one of the many service businesses that are growing rapidly. Customer as an important part for the development of the company that must always be satisfied. Some important things to realize customer satisfaction include quality products, satisfactory service, and affordable prices, and have appeal for consumers. One of the important things in the service industry, namely the quality of products to meet customer satisfaction, so that is expected by customers from the producers is the quality of products and services or maximum service. Your catering customer may feel very dissatisfied, dissatisfied, content, satisfied, and very satisfied with the quality of the products he / she receives. The purpose of this study is to determine customer satisfaction with product quality in Katerinda catering Surabaya. This research is a descriptive qualitative research using qualitative method. The research location is catering Katerinda Surabaya on Kendangsari street Block F No. 10 Surabaya. The population in this study is the number of customers who use the services of Katerinda Surabaya catering. The sample in this research is 50 people. Data collection techniques used questionnaires, interviews, observations, and documentation. The analysis used is qualitative data analysis in the form of words and not a series of numbers. The result of the research shows that: 1) Katerinda Catering Surabaya has applied product quality to its customers although there are still a few complaints from customers one of them is because sometimes the menu is served by the caterer using additional ingredients such as flavor enhancers and dye excessively. 2) Customers are satisfied with the quality of the product provided with the achievement of interpretation score reached 67.3%, the figure is in the interval of 61% -80% is quite satisfied.  


 


Keywords: Customer Satisfaction, Product Quality, Katerinda catering Surabaya 


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.