Efektivitas Penerapan Perangkat Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di MTsN 1 Sumenep

AIMEE AZKA DALILA, SRI HANDAJANI

Abstract


Penyuluhan sebagai kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran, disamping sikap dan perbuatan untuk ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di MTsN 1 Sumenep, menggunakan perangkat buku saku dan poster serta instrumen penilaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan dan keterlaksanaan penyuluhan.

Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang dapat diaplikasikan dengan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII, berjumlah 33 orang. Data dikumpulkan dengan teknik tes berupa tes tulis (pretest-posttest), non tes berupa angket dan observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Uji Paired Sample T-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keefektivitasan penyuluhan dilihat dari hasil pretest-posttest pengetahuan dan pre-post skala sikap mengalami peningkatan yang signifikan dan 2) Keterlaksanaan penyuluhan dilihat dari minat peserta penyuluhan dan observasi kegiatan penyuluhan dengan kategori penerimaan yang sangat baik.

Penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan perangkat penyuluhan PHBS di MTsN 1 Sumenep berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap terkait materi penyuluhan. Peanekaragaman perangkat penyuluhan interaktif disarankan agar dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar peserta penyuluhan.

Kata Kunci: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Perangkat Penyuluhan, Pengetahuan dan Sikap





Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.