ANALISIS KANDUNGAN PROKSIMAT DAN ASAM LEMAK CAMILAN IKAN SUNDUK (HEMIRAMPHIDAE) PRODUKSI UKM “SUGIYONO” DI BRONDONG-LAMONGAN

FIFI FEBRIYANTI, RAHAYU DEWI SOEYONO

Abstract


Camilan bergizi ini merupakan camilan ringan yang terbuat dari ikan sunduk yang digoreng dengan minyak banyak (deep frying) yang diberi berbagai bumbu untuk meningkatkan kualitas cita rasa ikan sunduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kandungan proksimat dan kandungan asam lemak camilan ikan sunduk (Hemiramphidae) Produksi UKM “Sugiyono” Di Brondong-Lamongan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Brondong, Lamongan pada bulan Juni sampai bulan Agustus 2018. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan uji laboratorium. Analisis data kualitatif yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, kemudian dilanjut dengan proses penarikan kesimpulan. Hasil kandungan proksimat menunjukkan bahwa karbohidrat sebesar 49.17%, protein sebesar 42.90%, lemak sebesar 4.48%, air sebesar 1.02%, dan abu sebesar 2.41%. Hasil kandungan asam lemak menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 sebesar 0,27%, asam lemak omega 6 sebesar 1,45%, dan asam lemak omega 9 sebesar 11,96%.

Kata kunci : Camilan ikan sunduk, analisis kandungan proksimat, asam lemak.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.